Parenting Education Sebagai Pencegah Stunting Pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i1.59Kata Kunci:
Stunting, Anak, Kurang GiziAbstrak
Parenting adalah upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dengan memanfaatkan sumber sumber yang tersedia dalam keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Parenting sebagai proses interaksi berkelanjutan antara orangtua dan anak anak. Pengasuhan orang tua adalah suatu keseluruhan interaksi antara orang tua dengan anak anak, di mana orang tua memberikan stimulasi anaknya dengan mengubah tingkah laku, pengetahuan serta nilai nilai yang dianggap paling tepat oleh orang tua, agar anak mandiri, dapat berkembang secara sehat dan optimal. Orang tua mempunyai tujuan dan mengajak orangtua untuk bersama sama memberikan yang terbaik buat anak-anak mereka. Literasi adalah proses aktif pembelajaran yang melibatkan kesadaran sosial dan refleksi kritis yang bisa memberdayakan individu dan kelompok untuk mendorong perubahan sosial. Terdapat enam komponen literasi, diantaranya literasi linguistik, literasi bilangan, literasi sains, literasi teknologi informasi dan komunikasi, literasi keuangan, dan literasi budaya dan kewargaan. Karena kebiasaan literasi budaya dan kewargaan tidak bisa ditumbuhkan secara tiba-tiba, untuk itu, penanaman cinta buku dan pengenalan kebudayaan sejak dini harus dilakukan oleh keluarga baik itu orangtua atau orang dewasa yang mengasuh anak-anak. Pengembangan budaya literasi bangsa dan kewargaan dalam keluarga melalui penyediaan bahan bacaan dan menumbuhkan budi pekerti, minat baca yang dipupuk sejak usia dini mulai dari lingkungan keluarga. Stunting merupakan salah satu permasalahan gizi yang terjadi di Indonesia. Dampak stunting tidak hanya dirasakan oleh individu yang mengalaminya, tetapi juga berdampak terhadap roda perekonomian dan pembangunan bangsa. Hal ini karena sumber daya manusia stunting memiliki kualitas lebih rendah dibandingkan dengan sumber daya manusia normal.
Unduhan
Referensi
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
Emirati, E. (2021). Penyelenggaraan Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C Di Pkbm Merah Putih Kota Makassar. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 8(2), 117-129.
Kartika, W. R., & Riyanto, Y. (2020). HUBUNGAN PARENTING EDUCATION DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI KB-TK AL–BAROKAH. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(1), 73-81.
Mahama Saaka, Sylvester Zackaria Galaa, "Relationships between Wasting and Stunting and Their Concurrent Occurrence in Ghanaian Preschool Children", Journal of Nutrition and Metabolism, vol. 2016, Article ID 4654920, 11 pages, 2016. https://doi.org/10.1155/2016/4654920.
Nova Dwi Yanti, Feni Betriana, Imelda Rahmayunia Kartika Faktor Penyebab Stunting Pada Anak: Tinjauan Literatur http://dx.doi.org/10.32883/rnj.v3i1.447
Víctor M. Aguayo, Purnima Menon.Stop stunting: improving child feeding, women's nutrition and household sanitation in South Asia, https://doi.org/10.1111/mcn.12283
Baron, Robert A. Dan Byrne, Donn. 2003. Psikologi Sosial Edisi 10 Jilid 5. Jakarta: Erlangga.
Basrowi dan Sukidin. 2002. Metode Penelitian Kualitatif: Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendikia.
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Edwards, C. Drew. 2006. Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Bagi Para Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT. Mizan Utama.
Gunarsa, Singgih D. dan Yulia Singgih D. Gunarsa. 1995. Psikologi Praktis: Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: Gunung Mulia.
Hardiman, F Budi. 2003. Melampaui Positivisme dan Modernitas. Yogyakarta: Kanisius.
Hasbiansyah, O. 2008. Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi Jurnal Mediator. Vol.9 No 1.
Mulyana, Deddy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2013. Filsafat Komunikasi Tradisi Dan Metode Fenomenologi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ritzer, George dan J. Douglas Goodman. 2007. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Zeitlin, Muhammad. 1998. Memahami Kembali Sosiologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.