Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar

Penulis

  • Sri Rezky Amalia Program Studi Pendidikan Nonformal, Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Ilmar Andi Achmad Program Studi Pendidikan Nonformal, Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • A Hasdiansyah Program Studi Pendidikan Nonformal, Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i2.70

Kata Kunci:

Efektivitas, Bimbingan Belajar, MBKM

Abstrak

Penelitian ini menelaah Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar Calistung Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar 3 Di SDN 47 Anrihua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas penyelenggaraan bimbingan belajar calistung oleh mahasiswa program mbkm kampus mengajar 3 di SDN 47 Anrihua. Untuk mencapai tujuan tersebut maka digunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian sebanyak 5 (lima) orang 1 (satu) orang guru pamong, 4(empat) orang mahasiswa KM3 serta siswa sdn 47 Anrihua.. Data di analisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan bimbingan belajar calistung yang dilakukan mahasiswa KM3 yaitu: a. Mahasiswa melakukan penjaringan terhadap siswa dengan mengumpulkan hasil penilaian kemampuan calistung siswa. b. Mahasiswa menentukan waktu, tempat pelaksanaan bimbingan belajar. (2) Pelaksanaan  Bimbingan Belajar : a. Proses Pelaksanaan bimbingan belajar calistung, b. Mahasiswa melaksanakan bimbingan belajar calistung drngan media yang mudah dipahami. c. kendala atau hambatan dalam pelaksanaan bimbingan belajar. d. Usaha Mahasiswa dalam mengantisipasi kendala peserta didik selama bimbingan belajar. (3) Efektivitas penyelenggaraan bimbingan belajar calistung yang dilaksanakan oleh mahsiswa KM3 tersebut sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan calistung siswa, terbukti dari hasil evaluasi yang peneliti lakukan bahwa Sebagian besar siswa mengalami peningkatan nilai dari nilai sebelumnya dengan adanya bimbingan belajar tersebut. Hasil evaluasi tersebut  93,9% siswa mengalami peningkatan nilai 6,1% siswa mendapatkan nilai tetap 0% mengalami penurunan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar:Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Aisyah, 2015. Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar, Yogyakarta Deepublish

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group

Ahmad Susanto. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. 2018. Jakarta: Kencana.

ACHMAD, I. A., ASMAS, M. A., & ARIB, Y. Model Penyelenggaraan Keaksaraan Dasar Melalui Pelibatan Tokoh Agama. Lifelong Education Journal, 2022, 2.1: 11-18.

Bimo, Walgito. 2004. Pengantar psikologi Umum. Jakarta: Penerbit Andi.

Bowman, Barbara T., M. Suzanne Donovan, and M. Susan Burns (editors). 2010. Eager to Learn: Educating Our Preschoolers. Washington

Dharma, Surya, (2015). Manajemen Kinerja, Falsafah Teori dan Penerapannya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

dkk, Prayitno. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling . Jakarta: Rineka Cipta.

Fiah, R. El, & Purbaya, A. P. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016

Gibson, Ivancevich, Donnely. 1997. Organizations (Terjemahan), Cetakan Keempat,. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama. Handoko. 2003.

Hakim, Thursan. 2000. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Haryanto,2016. Pemograman web. Jakarta:Informatika

Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kartadinata, Sunaryo, dkk. 2007. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan

Krech, David and Egorton L.Ballanchey. 2012. Individual in Society, A text Book of Social Psychology. Tokyo: Mc Grawhill Kogo Fusha.

Marsudi, Saring, dkk. 2003. Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Surakarta. Muhammadiyah University Press.

M. Echols, John dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Muasaroh. (2010). Aspek-aspek Efektifitas studi Tentang Efektifitas Pelsksanaan Program Pelaksanaan PNPM-MP. Universitas Brawijaya Malang.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rohmawati. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia. Dini. 9 (1) :15-32. Al-Abrasyi, Muhammad Athiayh.

Sukardi. (2013). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: PT Bumi Aksara

Susilo, F. A. (2013). Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran. E-Journal. UNESA. Vol. 2, No.1, h. 1-9. Sofyanti, Y. (2014).

Dharma, Surya, (2015). Manajemen Kinerja, Falsafah Teori dan Penerapannya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta)

Fiah, R. El, & Purbaya, A. P. (2016). Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016 Rifda El Fiah, Adi Putra Purbaya.

Bowman, Barbara T., M. Suzanne Donovan, and M. Susan Burns (editors). 2010. Eager to Learn: Educating Our Preschoolers. Washington DC: National Academy Press..

Dalam teks : (Bowman, 2010)

JurnalEkonomiSosialVol.2No.1.Tersedia:http://ojs.unud.ac.id/index.php/input/article/viewFile/3191/2288 . (Diakses Pada 17 Februari 2017)

Profil sekolah. https://dapo.kemendikbud.go.id/sekolah/6348D032457D4BC1BA80

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Amalia, S. R., Ilmar Andi Achmad, & A Hasdiansyah. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar . Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 2(2), 44–59. https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i2.70

Terbitan

Bagian

Artikel