Implementasi Model Portofolio Dalam Pembelajaran IPS

Penulis

  • Erwin Eka Saputra Universitas Sulawesi Tenggara
  • Ilmar Andi Achmad Program Studi Pendidikan Nonformal, Universitas Muhammadiyah Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i2.73

Kata Kunci:

Portofolio, Implementasi, Pembelajaran

Abstrak

Studi Ilmu Sosial (IPS), sebuah bahan yang terintegrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial seperti: geografi, sosiologi, sejarah, dan ekonomi. Ilmu Sosial dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena sosial yang mewujudkan pendekatan interdisipliner aspek dan cabang ilmu-ilmu sosial (geografi, sosiologi, sejarah, ekonomi). IPS atau studi sosial yang merupakan bagian dari isi kurikulum sekolah dari bahan yang berasal dari cabang-cabang ilmu-ilmu sosial: geografi, sosiologi, sejarah, dan ekonomi.

Model-Based Learning fortofolio dianggap sebagai model alternatif dari model yang ada. Model Portfolio Pembelajaran Berbasis jarang digunakan di sekolah-sekolah karena butuh waktu dan proses yang panjang dan perlu hati-hati disiapkan dan dapat dilakukan satu smester sekali atau setahun sekali, tetapi sebenarnya dapat dipraktekkan pada waktu tertentu semester tidak memiliki semua catatan Learning Portofolio model proses implementasi berdasarkan dibuat sederhana namun tidak mengurangi dari model prinsip-prinsip. Manfaat pernyataan setelah jawaban kedua adalah bahwa proses pebelajaran siswa mengalami burnout atau kebosanan yang membuatnya sulit untuk memahami pelajaran sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai. Tapi tidak ada Portofolio Model Pembelajaran kurang penting Berbasis dapat digunakan dalam penyampaian materi pelatihan khusus pada Studi Ilmu Sosial (IPS). Pelatihan guru. Oleh karena itu, model ini akan dianalisis apakah itu berbasis belajar model portofolio adalah model yang dianggap jauh lebih mudah untuk menerapkan dan mencapai sukses dalam menyerap materi pelajaran benar-benar optimal seperti yang diharapkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Arnie Fajar. (2009). Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung : PT: Remaja Rosdakarya.

Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2023). Kurikulum Operasional Merdeka Belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. PROSIDING IDEAS PUBLISHING.

Dasyim Budiansyah. (2007). Model Pembelajaran Berbasisi Fortofolio Suatu Inovasi Pembelajaran. Bandung: Ganesindo

Elly M.Setiadi, Karna Abdul Hakan, Ridwan Effendi. (2017). Ilmu Sosial & Budaya

Emirati, E., Achmad, I. A., Marzuki, M., & Syam, N. I. (2023). The Influence Of English Phrase Videos On Improving Speaking Skills Of Course Participants At LKP Incredible. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9705-9715.

Dasar. Jakarta: Kencana.

Muri Yusuf. (2017). Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Trianto. (2017). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Tukiran Taniredja. (2011). Model – Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta

Wina Sanjaya. (2006). Belajar dan Pembelajaran. PT Kencana. Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Saputra, E. E., & Ilmar Andi Achmad. (2023). Implementasi Model Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 2(2), 174–188. https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i2.73

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama