Analisis Hubungan Efikasi Diri Terhadap Minat Belajar Peserta Pelatihan Musik Dan Vokal Di LKP Simphony Music School Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.161985/jesfa.v3i1.77Kata Kunci:
Minat Belajar, Efikasi Diri, Pelatihan Musik dan VokalAbstrak
Peserta pelatihan pada kelas musik dan vokal mengalami penurunan minat belajar yang ditandai oleh penurunan keyakinan diri akan kemampuannya serta adanya perasaan tidak percaya diri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri dengan minat belajar peserta pelatihan musik dan vokal di lingkungan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Simphony Music School Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan pendekatan korelasional untuk mencari hubungan antara dua variabel. Populasi pada penelitian ini berjumlah 102 orang dan jumlah sampel sebanyak 30 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah melalui angket yang berisikan pernyataan terkait variabel dan telah dilakukan uji validitas serta reliabilitas. Uji hipotesisnya dengan menggunakan uji korelasi Spearman rank dengan hasil dari uji hipotesis tersebut memberikan informasi bahwa nilai rho hitung sebesar 0,554 yang mana nilai tersebut lebih besar (>) dari nilai rho tabel dengan responden 30 orang yaitu 0,364. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpullkan bahwa penelitian ini telah membuktikan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel efikasi diri dengan minat belajar pada peserta pelatihan musik dan vokal di LKP Simphony Music School Kota Tasikmalaya.
Unduhan
Referensi
Agustina, F. (2019). Hubungan antara Efikasi Diri dan Regulasi Diri dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tasfir UIN Raden Intan Lampung. (Skripsi). Prodi Psikologi Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & Nurhikmah. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Samudra Biru.
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2023). Kurikulum Operasional Merdeka Belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. PROSIDING IDEAS PUBLISHING.
Amalia, S. R., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(2), 44-59.
Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Kompetensi Profesional Pamong Belajar dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar. Continuing Learning Society Journal, 1(1), 1-20.
Bandura, A. (1999). Self-Efficacy in Changing Societies. New York: Cambridge University Press.
Gunawan, M. A. (2015). Statistik Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi dan Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.
Kartikasari, A. (2021). Kurangnya Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Kampung Rakyat. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS). 13 (13), 175–179.
Kompri. (2017). Belajar: Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Kurniawati, Y. I., & Rifai, M. E. (2018). Pentingnya Layanan Informasi Karier dan Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Studi Lanjut Siswa. Sukoharjo: Sinunata.
Maddux, J. (1995). Self-Efficacy, Adaption dan Adjustment: Theory, Research, and Application. New York: Plenum Press.
Nurhalimah, I. (2021). Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Blended Learning. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian (Edisi 12). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Cetakan ke VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB I Pasal 1 Ayat 1-2.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.