Efektivitas Penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Pada Sanggar Kegiatan Belajar
DOI:
https://doi.org/10.161985/jesfa.v3i1.78Kata Kunci:
Efektivitas, Penyelenggaraan, Program Paket CAbstrak
Penelitian ini mengkaji tentang Efektivitas Penyelenggaraan Program Paket C Pada Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bantaeng. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Adapun subyek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang kepala Sanggar Kegiatan Belajar, Penanggungjawab Program Paket C dan warga belajar. Kemudian pada tahap penelitian dipergunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Efektivitas Penyelenggaraan Program Paket C Pada Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bantaeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penyelenggaraan program paket C pada Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bantaeng diketahui telah dilaksanakan, hal ini menunjukkan bahwa, 1) tahap perencanaan hal yang dilakukan adalah: a) pendataan calon warga belajar, b) pengelompokan calon warga belajar, c)pendataan calon tutor, d)penetapan lokasi penyelenggaraan program. 2) tahap pelaksanaan mencakup : a) kurikulum, b) peserta didik & tutor c) sarana & prasarana d) pendanaan e) kelembagaan 3) tahap evaluasi hal yang dilakukan adalah: a)asesmen nasional berbasis komputer (ANBK), b)evaluasi warga belajar, c)laporan penyelenggaraan program, sehingga dapat disimpulkan bahwa penyelenggaraan program paket C pada Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bantaeng telah terlaksana secara efektif.
Unduhan
Referensi
Ahadi, 2010:3. Pengantar Manajemen., Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
Alsa,A. (2014). Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Antoro,Billy,dkk.2016. Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Satuan Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Beni Pakei, 2016:69. Konsep dan Analisis Efektifitas Pengelolaan Keuangan Daerah Di era Otonomi , Jakarta Pusat, Buku 1.
Creswell, Jhon W, 2014, Penelitian Kualitatif & Desain Riset, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Devista, Nova. 2007. Motivasi Kerja Staf Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF.2, (1): 94-99.
Dirjen Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Direktorat pembinaan, 2005. Tentang Prosedur Penyelenggaraan Program Paket C, Jakarta, .
Dirjen Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat No. 108/C.C4.1/PR/2015 Tentang Pedoman bagi penyelenggara program paket C. Jakarta
Edy Sustrisno, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia , Jakarat, Kencana.
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 132/U/2004 tentang Program Paket C. 2006. Jakarta: CV. Tamita Utama.
Listyaningsih, 2014. Administrasi Pembangunan, Graha ilmu: Yogyakarta
Lexy J. Moleong, 2005:85-103, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Mardiasmo, 2017:134, Efesiensi dan Efektifitas, Jakarta, Andi.
Mahmudi, 2010:143, Manajemen Kerja sector Publik, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.
Peraturan Bupati Bantaeng No. 35 tahun 2015. Tentang Perubahan status UPTD sanggar kegiatan belajar (SKB) kabupaten bantaeng menjadi satuan pendidikan non formal sanggar kegiatan belajar ‘’bantaeng’’ kabupaten bantaeng.
Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan baik jalur pendidikan formal.Jakarta
Peraturan Pemerintah No. Tentang Pendanaan Pendidikan.
Petunjuk Teknis Tentang Pengelolaan Dana Bantuan Oprasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Dana Pendidikan Kesetaraan No. 9 Tahun2021
Kotler Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium diterjemahkan Benyamin Molan: PT. Prenhallindo: Jakarta.
Sinring, Abdullah. dkk. 2012, Pedoman Penulisan Skiripsi Progam S-1 Fakultas Ilmu Pendidikan. UNM Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan.
Sondang P. Siagan. 2016. Sistem Informasi Manajemen, Bumi Aksara. Jakarta
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Education Sciences: Fondation & Application
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.