Pengaruh Tata Kelola Organisasi Intra Kampus Terhadap Pengembangan Kompetensi Mahasiswa; Perspektif Administrasi Publik
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang Kompetensi Mahasiswa Prodi Pendidikan Non Formal Yang Dipengaruhi Oleh Kegiatan Organisasi Intra Kampus Tingkat Program Studi Yakni Ikatan Mahasiswa Jurusan di Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Fokus penelitian ini adalah: Berfokus pada kegiatan organisasi yang mempengaruhi kompetensi kreatifitas dan kompetensi kolaborasi mahasiswa yang aktif dalam organisasi intra kampus Ikatan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Non Formal. Penelitian ini ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Organisasi Intra Kampus Terhadap Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Prodi Pendidikan Non Formal Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah penggabungan sumber data dengan sumber data lain. Hasil penelitian disimpulkan bahwa dari beberapa diantara kegiatan yang direalisasikan Ikatan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Non Formal, pada kegiatan organisasi Pekan Kreatifitas Mahasiswa mempengaruhi pengembangan kompetensi kreatifitas mahasiswa dan kegiatan organisasi penyelenggaraan Lapak Baca mempengaruhi kompetensi kolaborasi mahasiswa.
Unduhan
Referensi
Agustin, A. M. (2019). Pengaruh keaktifan mahasiswa dalam organisasi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16258 diakses pada 15 Januari 2023.
Anjarwati, C. (2020). PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, PROFESIONALITAS KERJA, DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP DAYA SAING PEGAWAI (Studi Pada Pegawai RSUD RAA Soewondo Pati) (Doctoral dissertation, UniversitasMuhammadiyahSemarang). http://repository.unimus.ac.id/5527/ diakses pada 22 Januari 2023.
Ariani, S. S. (2019). Persepsi Mahasiswa Dalam Pengimplementasian Tri Daharma Perguruan Tinggi. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 59-77. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/3414 diakses pada 14 Januari 2023.
Asfuri, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 84-111. https://www.e-journal.iainsalatiga.ac.id/index.php/ijip/article/view/4712 diakses pada 14 Januari 2023.
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2023). Kurikulum Operasional Merdeka Belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. PROSIDING IDEAS PUBLISHING.
Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Kompetensi Profesional Pamong Belajar dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar. Continuing Learning Society Journal, 1(1), 1-20.
Barani, S. G., & Salamor, J. M. (2022). GAMBARAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR YANG SEDANG MENYELESAIKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS HEIN NAMOTEMO. LELEANI: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat, 2(1), 35-40. http://e-jurnal.lppmunhena.ac.id/index.php/leleani/article/view/99 diakses pada 15 Juni 2023
Fauzi, A. A., & Pahlevi, T. (2020). Analisis Hubungan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Hasil Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 449-457. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8699 diakses pada 13 Juni 2023
Hafizhuddin, M. I. (2019). HUBUNGAN ANTARA SELF DISCLOUSURE MELALUI STATUS WA DAN KUALITAS HIDUP PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surabaya). http://repository.um-surabaya.ac.id/id/eprint/3715 diakses pada 23 Januari 2023.
Indonesia. Peraturan Pemerintah No.60 tahun 1999 tentang perguruan tinggi Simpuh Kemenag https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/pp_60_99.pdf diakses pada 23 Januari 2023.
Juniarso, T. (2020). Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 36-43. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/4197 diakses pada 22 Agustus 2023.
Gunawan, M. I. (2020). ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DI DEPARTEMEN ADMINISTRASI PENDIDIKAN UPI (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia). http://repository.upi.edu/id/eprint/52033 diakses pada 19 Agustus 2023.
Larasati, D. (2019). Pengaruh Bimbingan Rohani Islam terhadap Kesembuhan Pasien di RSI Arafah Rembang (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS). http://repository.iainkudus.ac.id/3371/ daikses pada 10 Januari 2023.
Nasution, N. H. (2019). Pengaruh Pengorganisasian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Pratama Sakti Mandala Medan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DHARMAWANGSA). http://repository.dharmawangsa.ac.id/id/eprint/249 diakses pada 13 Januari 2023.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Education Sciences: Fondation & Application
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.