Konsep Pemberdayaan Masyarakat melalui Keterampilan Batik Ecoprint Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.161985/jesfa.v3i1.82Kata Kunci:
Pemberdayaan Masyarakat, Keterampilan, Batik EcoprintAbstrak
Pemberdayaan Masyarakat merupakan suatu hal yang amat penting dilakukan, dengan adanya Pemberdayaan Masyarkart diharapkan masyrakat mengalami perubahan didalam kehidupannya baik dari segi materil maupun non materil. Pemberdayaan masyarkat juga dapat memberikan pengetahuan serta keterampilan guna membekali masyarakat untuk digunakan atau dimanfaatkan didalam kehidupannya,Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran proses pemberdayaan masyarakat dan hasil pemberdayaan masyarkat Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan pada penelitian ini yaitu anggota kelompok batik ecoprint. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh ketika pengumpulan informasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Penggunaan analisis deskriptif kualitatif karena data yang diperoleh berupa uraian narasi bukan berbentuk nomerik. Proses analisis melewati triangulasi data. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa program pemberdayaan masyarakat melalui keterampilan batik ecoprint di Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya melalui beberapa tahap yaitu: tahap penyiapaan, tahap assesment, tahap perencanaan, tahap formula rencana aksi, tahap implementasi program, tahap evaluasi, tahap terminasi. Adapun hasil dari program ini yaitu terjadinya perubahan aktivitas masyarakat setelah mengurus urusan rumah tangga, setelah mengikuti program ini masyarakat memiliki pengetahuan dan keterampilan membatik ecoprint.
Unduhan
Referensi
Desa Sukaratu. (2023). Data Demografi berdasarkan pekerjaan. Available at: https://sukaratu.d-desa.id/first/statistik/1.
Emirati, E., Achmad, I. A., Marzuki, M., & Syam, N. I. (2023). The Influence Of English Phrase Videos On Improving Speaking Skills Of Course Participants At LKP Incredible. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9705-9715.
Hasdiansyah, A. H., Sriyanti, S. M., Mughaffir, M. Y., Ihwan, I. R., Andi Aris, A. A. M., & Ilmar A, I. A. A. (2023). Pemberdayaan Petani Kopi Melalui Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Kopi Kayu Manis di UMKM Rizki Amalia. Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat, 7(3), 81-84.
Lalo, K. (2018). Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter dengan Pendidikan Karakter guna Menyongsong Era Globalisasi. Ilmu Kepolisian, 12(2), 68–75.
Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2), 88. https://doi.org/10.2307/257670.Poerwanto.
Rukin. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing
Sedjati, D. P., & Sari, V. T. (2019). Mix Teknik Ecoprint Dan Teknik Batik Berbahan Warna Tumbuhan Dalam Penciptaan Karya Seni Tekstil. Corak, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.24821/corak.v8i1.2686
Wijayaningputri, A. R., Regina, B. D., & Wardoyo, Y. P. (2021). Pelatihan Batik Teknik Ecoprint Dalam Pembuatan Aksesori Fashion Khas Kabupaten Malang. Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 159–163. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1516
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.