Penguatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Anak Usai Dini Melalui Pelatihan Penyusunan Buku Panduan Ragam Permainan Fisik Motorik

Penulis

  • Raras Ayu Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Devi Candra Nindiya Universitas Nahdatul Ulama Blitar
  • Laela Lutfiana Rachmah Universitas Nahdatul Ulama Blitar
  • Hardining Estu Murdinar Universitas Nahdatul Ulama Blitar

Kata Kunci:

Kata kunci: kompetensi profesional, buku panduan, fisik motorik

Abstrak

Lembaga Taman Kanak-kanak (TK) merupakan tempat paling aman bagi anak usia dini selain keluarga untuk mendapatkan hak dan perlindungan berupa pengasuhan, pendidikan, kesehatan, keselamatan, nutrisi dan sebagainya. Perihal pendidikan ini guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan di Indonesia untuk tercapainya mutu pendidikan yang optimal sehingga guru perlu memenuhi empat kompetensi dasar diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada kumpulan guru TK di Kabupaten Blitar, kompetensi profesional guru lembaga TK di Kabupaten Blitar dalam menyusun buku panduan pembelajaran belum optimal karena keterbatasan akses informasi dan teknologi yang mumpuni, disamping itu usia rata-rata guru TK adalah 35-50 tahun sehingga mobilitas mereka terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut, maka peneliti memberikan penguatan kompetensi profesional guru melalui pelatihan penyusunan buku panduan ragam permainan fisik motorik. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru TK di Kabupaten Blitar melalui pelatihan penyusunan buku panduan ragam permainan fisik motorik sehingga diharapkan perkembangan fisik motorik anak usia dini yang diterapkan di TK dapat optimal. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Luaran yang ditargetkan dalam kegiatan ini berupa optimalisasi kompetensi guru di lembaga TK dalam menghadapi tantangan era teknologi informasi di masa sekarang yang dapat dilakukan melalui penyusunan buku panduan ragam permainan fisik motorik sehingga diharapkan selain dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan fisik motorik anak juga mampu

menciptakan sebuah karya inovatif yang memenuhi standar kompetensi profesional guru di lembaga TK. Kegiatan ini diharapkan dapat berjalan secara kontinyu dan tepat guna mengikuti perkembangan teknologi dan informasi saat ini.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan, Terjemah, Jakarta: Erlangga

Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Kompetensi Profesional Pamong Belajar dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar. Continuing Learning Society Journal, 1(1), 1-20.

Amalia, S. R., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(2), 44-59.

Nurtanto, Muhammad. (2016). Mengembangkan Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Menyiapkan Pembelajaran Yang Bermutu, Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, (10), 553–565.

Achmad, I. A. (2023). Pembelajaran Informal Warga Binaan Pemasyarakatan (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang). Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(1), 62-81.

Achmad, I. A., Asmas, M. A., & Arib, Y. (2022). Model Penyelenggaraan Keaksaraan Dasar Melalui Pelibatan Tokoh Agama. Lifelong Education Journal, 2(1), 11-18.

Prawinda, R. A., Rahayu, Y. H., Shofwan, A. M., Nindiya, D. C., & Batu, T. K. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal BOCIL, 1(1).

Farantika, D., Purwaningrum, D., Nindiya, D. C., Prawinda, R. A., Sofwan, A. M., & Sanjaya, M. S. (2024). Early Childhood Sex Education to Prevent Sexual Abuse. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Shofwan, A. M., Nindiya, D. C., & Sanjaya, M. S. (2023, November). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Dini Secara Islami. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan (Vol. 2, No. 1).

Sanjaya, M. S., Farantika, D., & Candra, D. (2023). Identifikasi Gaya Belajar Anak Usia Dini. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 52-62.

Farantika, D., Rachmah, L. L., Purwaningrum, D., Shofwan, A. M., Nindiya, D. C., & Sulistiyani, M. (2023). PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA GURU DI TK AL HIDAYAH TLUMPU KOTA BLITAR. EJOIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(11), 1333-1337.

Payong, M. R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru (Konsep Dasar, Problematika dan Implementasinya. Jakarta: PT. Indeks

Pinyoanuntapong, S. (2013). The Development of Thai Early Childhood Education Curriculum to Promote Desirable Characteristics of Prescholl Children. Procedia Social and Behavioral Sciences, 88, 3. 08. 512

Purwana, U. (2010). Profil Kompetensi Pedagogik guru IPA-Fisika SMP & MTS di Wilayah Paseh Kabupaten Sumedang Melalui Kegiatan Lesson Study Berbasis MGMP. Bandung: FPMIPA UPI

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-14

Cara Mengutip

Ayu, R., Devi Candra Nindiya, Laela Lutfiana Rachmah, & Hardining Estu Murdinar. (2024). Penguatan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Anak Usai Dini Melalui Pelatihan Penyusunan Buku Panduan Ragam Permainan Fisik Motorik. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 3(1), 24–31. Diambil dari https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/83

Terbitan

Bagian

Artikel