Journal of Education Sciences: Fondation & Application https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa <p><strong>Jesfa:</strong> Jurnal Jesfa adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Nonformal, Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Jesfa merupakan singkatan dari Journal of Education Sciences: Fondation &amp; Application. Jurnal ini menjadi wadah publikasi karya ilmiah atau hasil penelitian maupun studi pustaka bagi para dosen, guru, mahasiswa, dan praktisi dalam bidang pendididikan dan aplikasinya serta bidang pendidikan nonformal/pendidikan masyarakat, pendidikan informal serta pendidikan anak usia dini. Jurnal Jesfa ini diterbitkan setiap bulan Maret/April dan November. <em><strong><a title="ISSN E 2963-0274" href="https://portal.issn.org/resource/ISSN/2963-0274#" target="_blank" rel="noopener">ISSN E 2963-0274</a></strong></em></p> id-ID ilmarandiachmad@umbulukumba.ac.id ( Ilmar Andi Achmad, M.Pd) atharasmas@umbulukumba.ac.id ( Muhammad Athar Asmas, M.Pd) Min, 25 Mei 2025 11:44:35 +0700 OJS 3.2.1.3 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Teras Literasi Untuk Penguatan Literasi Berimbang di Kelurahan Lesanpuro Kota Malang https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/108 <p>Penelitian ini menunjukkan bahwa Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Teras Literasi memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi berimbang di Kelurahan Lesanpuro, Kota Malang. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa TBM Teras Literasi tidak hanya berfungsi sebagai pusat baca, tetapi juga sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia dan penciptaan lingkungan literasi yang inklusif. TBM ini telah berhasil menumbuhkan kecintaan membaca di kalangan anak-anak dan masyarakat setempat melalui layanan seperti peminjaman buku, kegiatan literasi mingguan, dan pelatihan keterampilan berbasis praktik secara berkala seperti membatik dan pengelolaan limbah. Di TBM Teras Literasi, kegiatan literasi dirancang untuk merangsang minat baca melalui metode seperti membaca mandiri dan membaca dengan pemodelan. Sesi menulis terpandu dan menulis dengan pemodelan juga membantu peserta, terutama anak-anak, dalam mengembangkan kemampuan menulis kreatif mereka. Pengalaman belajar di TBM Teras Literasi diperkaya melalui kolaborasi dengan masyarakat setempat dan pemerintah daerah, yang berkontribusi pada beragam koleksi bahan bacaan serta aktivitas interaktif yang menarik. Penelitian ini menegaskan peran krusial TBM Teras Literasi sebagai penggerak literasi masyarakat. Kesimpulannya, TBM Teras Literasi secara signifikan meningkatkan akses terhadap pendidikan nonformal dan pemberdayaan masyarakat melalui program literasi berimbang, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan pendidikan masyarakat sekitar</p> Yayang Azizah, Muhammad Irfan Hilmi, Irliana Faiqotul Himmah Hak Cipta (c) 2025 Journal of Education Sciences: Fondation & Application https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/108 Min, 25 Mei 2025 00:00:00 +0700 Tinjauan Kurikulum di Lembaga Bimbingan Belajar Taruna Akademia Kupang https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/109 <p style="text-align: justify;">Pendidikan nonformal memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, salah satunya melalui lembaga bimbingan belajar (bimbel). Implementasi kurikulum dalam bimbel menjadi faktor krusial dalam mendukung efektivitas pembelajaran dan pencapaian akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kurikulum di Lembaga Bimbingan Belajar Taruna Akademia, mengidentifikasi keunggulan dan tantangan yang dihadapi, serta memberikan rekomendasi untuk peningkatan kualitas kurikulum. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen kurikulum. Subjek penelitian terdiri dari tutor, siswa, dan pihak manajemen bimbel yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dalam implementasi kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum di Taruna Akademia disusun dengan mengacu pada kurikulum nasional, namun memiliki fleksibilitas dalam penyesuaian materi sesuai dengan kebutuhan siswa. Metode pengajaran yang diterapkan bersifat interaktif, seperti diskusi, latihan soal, dan simulasi ujian, yang terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan, seperti keterbatasan sumber daya pembelajaran dan alokasi waktu yang kurang optimal.</p> Florianus Aloysius Nay, Makarius Erwin Bria, Sefri Imanuel Fallo, Rudobertus Talan Hak Cipta (c) 2025 Journal of Education Sciences: Fondation & Application https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/109 Min, 25 Mei 2025 00:00:00 +0700 Efektivitas Alat Permainan Edukatif Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Handayani Palampang https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/113 <p>Penelitian ini mengkaji tentang Efektivitas Alat Permainan Edukatif dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Handayani Palampang. Penelitian ini berfokus pada efektivitas alat permainan edukatif terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Alat Permainan Edukatif dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Handayani Palampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data mengguanakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas alat permainan edukatif dengan memanfaatkan lingkungan sekitar adalah mendorong motivasi belajar siswa, membuat siswa lebih terlibat aktif dan lebih senang saat proses pembelajaran berlangsung.</p> Wahyunita Yulianti, Yuli Artati, Sitti Hajar, Ridha Ichwanty Sabir Hak Cipta (c) 2025 Journal of Education Sciences: Fondation & Application https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/113 Min, 25 Mei 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Program Wirausaha Merdeka Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bulukumba https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/114 <p>Program wirausaha Merdeka adalah program yang dapat mengembangkan keterampilan mahasiswa serta meningkatkan keberanian dalam mengambil resiko berwirausaha di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Program Wirausaha Merdeka Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner atau angket dan dokumentasi, sampel pada penelitian ini sebanyak 43 mahasiswa di fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bulukumba yang telah mengikuti program wirausaha merdeka pada tahun 2022. Teknik analisi data yang digunakan yakni uji validitas instrument dengan rumus Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus alpha Cronbach. Sedangkan untuk menguji ada atau tidak adanya pengaruh terhadap minat berwirausaha peneliti menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel program wirausaha merdeka (X) terhadap variabel minat (Y) mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Berdasarkan nilai yang didapatkan pada saat uji t yakni variabel pemahaman (X1) nilai thitung sebesar 7.505 dan variabel penerapan (X2) dengan nilai thitung sebesar 10.241 lebih besar dari pada nilai ttabel yakni 1.682, selain itu hasil yang diperoleh pada uji f yakni dengan nilai signifikan 0,000&lt;0,05 yang artinya program wirausaha merdeka berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa.</p> Widiantari Widiantari, Muhammad Athar Asmas, Ilmar Andi Achmad Hak Cipta (c) 2025 Journal of Education Sciences: Fondation & Application https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/114 Min, 25 Mei 2025 00:00:00 +0700 Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Pendapatan Melalui Sentra Pengolahan Kopi Di Kelurahan Banyorang Kabupaten Bantaeng https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/111 <p>Penelitian ini dilaksanakan di UPT Sentra Pengolahan Kopi Banyorang Kelurahan Banyorang, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan pendapatan melalui sentra pengolahan kopi di Kelurahan Banyorang Kec. Tompobulu Kab. Bantaeng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pemberdayaan masyarakat melalui sentra pengolahan kopi banyorang dengan cara berkelompok dengan tahapan yakni; a. Motivasi b. Peningkatan Kesadaran dan Pelatihan Kemampuan c. Pembangun dan Pengembangan Jejaring. Adapun dampak yang ditimbulkan oleh UPT Sentra Pengolahan Kopi Banyorang yakni; a. Meningkatnya Kualitas SDM b. Meningkatnya Perekonomian.Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu UPT Sentra Pengolahan Kopi Banyorang merupakan tempat produksi kopi yang memfasilitasi para petani kopi untuk belajar dan mengembangkan kemampuan atau potensi dalam pengolahan kopi dengan baik dan benar, mulai dari cara penanaman, perawatan, pasca panen, sortir kopi, penjemuran kopi hingga produksi bubuk kopi. Tujuan dari UPT Sentra Pengolahan Kopi Banyorang yaitu untuk meningkatkan kualitas kopi Banyorang dan mensejahterkan masyarakat petani kopi yang berada di Kelurahan Banyorang.</p> Bayu Anugrah Putra, Ilmar Andi Achmad Hak Cipta (c) 2025 Journal of Education Sciences: Fondation & Application https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/111 Min, 25 Mei 2025 00:00:00 +0700 Analisis Perkembangan Usaha Ayam Pedaging Melalui Strategi Kemitraan https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/110 <p>Penelitian ini dilaksanakan di peternakan AFF Community Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan usaha ayam pedaging melalui strategi kemitraan di Desa Bontomacinna Kec. Gantarang Kab. Bulukumba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa perkembangan usaha ayam pedaging melalui strategi kemitraan ditemukan empat strategi yang dapat mengembangan usaha peternakan ayam pedaging, yang dimana strategi tersebut yaitu 1). Strategi SO (Strength-Opportunity), 2). Strategi WO (Weakness- Opportunity) 3). Strategi ST (Strength-Threat) 4). Strategi WT (Weakness-Threat) Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Peternakan ayam pedaging merupakan usaha peternakan rakyat yang rata-rata masih menggunakan teknologi konvensional. Strategi perkembangan usaha ayam pedaging melalui strategi kemitraan di Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba adalah strategi SO (Strength-Opportunity) yaitu 1) Meningkatkan kapasitas jumlah produksi ayam pedaging. 2) Penetrasi pasar melalui pembukaan kandang diwilayah baru. 3) Memaksimalkan teknologi budidaya yang dimiliki.</p> <p>&nbsp;</p> Amil Adrian, Jumase Basra Hak Cipta (c) 2025 Journal of Education Sciences: Fondation & Application https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/110 Min, 25 Mei 2025 00:00:00 +0700 Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Objek Wisata di Desa Tongke-Tongke Kecamatan Sinjai Timur https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/116 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis partisipasi masyarakat dalam pengembangan objek wisata di Desa Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur. Desa ini memiliki potensi wisata yang besar, khususnya hutan mangrove yang berperan penting dalam ekosistem dan menarik wisatawan. Partisipasi masyarakat dalam pembangunan wisata meliputi penyediaan fasilitas, pemeliharaan lingkungan, serta keterlibatan organisasi lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat sangat penting dalam mendukung keberlanjutan pengembangan wisata. Namun, terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan sumber daya, dukungan pemerintah yang kurang optimal, dan minimnya pelatihan pariwisata bagi warga. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan bagi masyarakat dan peningkatan kolaborasi antara pemerintah dan warga setempat untuk memastikan keberlanjutan pariwisata di desa ini.</p> Muh Nasrun, Irwan Adriandi Hak Cipta (c) 2025 Journal of Education Sciences: Fondation & Application https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/116 Min, 25 Mei 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Penggunaan Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Pemahaman Membaca di Kelas VIII SMPN 26 Bulukumba. https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/107 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efek menggunakan diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMPN 26 Bulukumba. Studi ini menggunakan desain pra-eksperimental. Populasi penelitian terdiri dari siswa dari SMPN 26 Bulukumba, dan sampel dipilih melalui pengambilan sampel secara sengaja, yang melibatkan satu kelas 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman membaca siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test adalah 53,50, sedangkan rata-rata skor post-test meningkat menjadi 68,66. Analisis uji t menunjukkan bahwa nilai t-hitung (4,3) lebih besar dari nilai t-tabel (1,714), yang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, hipotesis alternatif (H?) diterima dan hipotesis nol (H?) ditolak.&nbsp; &nbsp;Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok kecil secara efektif dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMPN 26 Bulukumba.</p> Citra Rohayu, Emirati Emirati, Mutmainnah Marzuki Hak Cipta (c) 2025 Journal of Education Sciences: Fondation & Application https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/107 Min, 25 Mei 2025 00:00:00 +0700 Kontribusi Usaha Tani Cabai Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Kelurahan Mariorennu Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/112 <p>Indonesia dikenal sebagai Negara agraris yang berarti Negara yang mengandalkan sector prtanian baik sebagai mata pencarian maupun sebagai penopang pembangunan.pertanian merupakan sector yang sangat dominan bagi pendapatan masyarakat Indonesia.karena mayoritas penduduk Indonesia bekerja sebagai petani dan merupakan sektor yang memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Untuk memperoleh hasil yang optimal peneliti menggunakan penelitian kualitatif karena jenis penelitian kualitatif bersifat mendeskripsikan kontribusi dari usahatani cabai yang dilakoni oleh sebagian masyarakat di kelurahan mariorennu. Berdasarkan hasil penelitian kontribusi usaha tani cabai dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di kelurahan mariorennu kecamatan gantarang kabupaten Bulukumba diperoleh keterangan sebagian besar petani cabai di kelurahan mariorennu kecamatan gantarang kabupaten Bulukumba hasil dari usaha tani cabai tersebut mampu mencukupi kebutuhan keluarga. Hasil penelitian menjelaskan usaha tani cabai merupakan usaha yang mempunyai keuntungan lebih besar dibandingkan dengan tanaman lain seperti padi dan sayuran. Mayoritas usaha tani cabai yang dijalankan para responden di kelurahan mariorennu ini sudah berjalan sangat lama dan usaha ini dilaksanakan secara turun-temurun.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penulis dapatkan mengenai Kontribusi Usaha Tani Cabai Dalam Meningkatkan Ekonomi masyarakat di kelurahan mariorennu kecamatan gantarang kabupaten Bulukumba Usaha tani cabai terbukti memberikan kontribusi yang baik terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat, hal ini dibuktikan dengan tercukupinya kebutuhan hidup mereka dan dapat memberikan biaya pendidikan kepada anaknya.</p> Rifaldi Haris Hak Cipta (c) 2025 Journal of Education Sciences: Fondation & Application https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/112 Min, 25 Mei 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Game Online (Higgs Domino Island) Terhadap Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bulukumba https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/115 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh game online (Higgs Domino Island) terhadap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Game online telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mahasiswa, terutama dengan perkembangan teknologi yang memungkinkan akses mudah melalui smartphone. Permainan Higgs Domino Island yang awalnya merupakan permainan tradisional, kini telah berevolusi menjadi permainan yang menawarkan potensi keuntungan finansial melalui fitur permainan slot. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mengumpulkan data dari mahasiswa yang aktif bermain Higgs Domino Island. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi negatif antara durasi bermain game dan aktivitas akademik mahasiswa. Semakin lama waktu yang dihabiskan untuk bermain game, semakin berkurang kehadiran dan konsentrasi mahasiswa dalam perkuliahan. Kesimpulannya, meskipun game online seperti Higgs Domino Island dapat menjadi sarana hiburan dan bahkan sumber pendapatan, penggunaannya yang berlebihan dapat berdampak negatif terhadap keseharian dan tanggung jawab akademik mahasiswa.</p> Mujaddid Mujaddid, Fauzan Akbar Hak Cipta (c) 2025 Journal of Education Sciences: Fondation & Application https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/115 Min, 25 Mei 2025 00:00:00 +0700