Pergeseran Nilai Pada Tradisi Kumpul Keluarga dalam Kehidupan Masyarakat di Pulau Timor
DOI:
https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i2.61Kata Kunci:
Kumpul Keluarga, Tradisi, Pulau Timor, Masyarakat AdatAbstrak
Kebersamaan masyarakat di Pulau Timor dalam beberapa waktu terakhir menjadi sebuah perhatian dengan maraknya praktik kumpul keluarga. Tradisi ini dipraktikan dengan maksud untuk mendukung setiap anggota keluarga untuk mencapai tujuan tertentu namun pergeseran paradigma berpikir tentang tradisi hukum adat justru memberikan kesan bahwa tradisi ini tidak lagi memberikan kesan sosio-kultural namun lebih dari sebuah alat politik dengan mengorbankan moralitas dari masyarakat. Pergeseran yang disiratkan dari tradisi kumpul keluarga meninggalkan kesan bahwa kumpul keluarga bukan lagi merupakan sebuah tradisi melainkan sebuah kebiasaan yang mengurangi tanggung jawab dari setiap individu terhadap kepentingan pribadinya.
Unduhan
Referensi
Abubakar, Mualimin, M., & Nurliana, N. (2018). ELIT AGAMA DAN HARMONISASI SOSIAL DI PALANGKA RAYA. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 16(2), 277–296. https://doi.org/10.18592/khazanah.v16i2.2337
Adi, L. (2022). Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam. JURNAL PENDIDIKAN AR-RASYID, 7(1), Article 1.
Ahmad Gautsul Anam. (2023). Pergeseran nilai praktik memulang pada proses pernikahan masyarakat Suku Sasak perspektif akulturasi Redfield dan Maqâshid Syarî‘Ah: Studi di Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University [Universitas Islam Neger]. http://etheses.uin-malang.ac.id/55534/
Arliman, L. (2018). Hukum Adat Di Indonesia Dalam Pandangan Para Ahli Dan Konsep Pemberlakuannya di Indonesia. Jurnal Selat, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31629/selat.v5i2.320
Arti kata peyorasi—Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. (n.d.). Retrieved November 23, 2023, from https://kbbi.web.id/peyorasi
Bandelj, N., Wherry, F. F., & Zelizer, V. A. (2017). Money Talks: Explaining How Money Really Works. Princeton University Press.
Botoeva, G. (2017). The monetization of social celebrations in rural Kyrgyzstan: On the uses of hashish money. In Diverging Paths of Development in Central Asia. Routledge.
Cotterrell, R. (2004). Law in Culture. Ratio Juris, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.1111/j.0952-1917.2004.00251.x
Dahlan, M. (2018). Rekognisi Hak Masyarakat Hukum Adat dalam Konstitusi. Undang: Jurnal Hukum, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.22437/ujh.1.2.187-217
Definition of TRADITION. (2023, November 20). https://www.merriam-webster.com/dictionary/tradition
Eni, G. D. (2023). Analysis Of The Function And Meaning Of Tama Benu Kesa Lakang Tradition For The Community In Sikka Regency. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 4770–4775. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5989
Evawarni, E., Nuraini, N., & Mubarok, J. (2017). Tradisi kumpul sanak di Sekernan, Muaro Jambi (A. W. Swastiwi & P. Simamora, Eds.). Balai Pelestarian Nilai Budaya Kepulauan Riau. https://repositori.kemdikbud.go.id/14624/
Garcimartin, C. (2012). Defining Familial Relations within the Law: Nuclear Family vs. Extended Family. International Journal of the Jurisprudence of the Family, 3, 85.
Georgas, J., Mylonas, K., Bafiti, T., Poortinga, Y. H., Christakopoulou, S., Kagitcibasi, C., Kwak, K., Ataca, B., Berry, J., Orung, S., Sunar, D., Charalambous, N., Goodwin, R., Wang, W.-Z., Angleitner, A., Stepanikova, I., Pick, S., Givaudan, M., Zhuravliova-Gionis, I., … Kodiç, Y. (2001). Functional relationships in the nuclear and extended family: A 16-culture study. International Journal of Psychology, 36(5), 289–300. https://doi.org/10.1080/00207590143000045
Glachant, M. (2007). Non-binding voluntary agreements. Journal of Environmental Economics and Management, 54(1), 32–48. https://doi.org/10.1016/j.jeem.2007.01.001
Habermas, J., & McCumber, J. (1989). Work and Weltanschauung: The Heidegger Controversy from a German Perspective. Critical Inquiry. https://doi.org/10.1086/448492
Hanik, U., Zahid, A., Hijazi, M., & Nada, S. Q. (2022). Baritan Tradition: A Cultural and Human Relationship in Forming Eco-Spirituality in Wonodadi Community Blitar East Java. Fenomena, 21(2), Article 2.
Heryansyah, D., & Nugraha, H. S. (2019). Relevansi Putusan Uji Materi oleh Mahkamah Konstitusi terhadap Sistem Checks and Balances dalam Pembentukan Undang-Undang. Undang: Jurnal Hukum, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.22437/ujh.2.2.353-379
Hukum Adat—Moh. Mujibur Rohman, Ade Risna Sari, Abdul Hamid, Nur Syamsiah, Muthia Septarina, Mahrida, Ningrum Ambarsari, Iwan Henri Kusnadi, Mohsi, Mia Amalia—Google Buku. (n.d.). Retrieved November 23, 2023, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=c-KlEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA32&dq=Godsdienstige+Wetten+hukum+adat&ots=0COau75cYs&sig=nTYnV82AWdxkHuHhvVKtf1biPwQ&redir_esc=y#v=onepage&q=Godsdienstige%20Wetten%20hukum%20adat&f=false
Iffah, F., & Fitri Yasni, Y. (2022). Manusia Sebagai Makhluk Sosial | Iffah | Lathaif: Literasi Tafsir, Hadis dan Filologi. Lathaif, Literasi Tafsir, Hadis Dan Filologi, 1(1), 38–47. http://dx.doi.org/10.31958/lathaif.v1i1.5926
Isakh Benyamin Manubulu. (2023). 506 Tahun Jejak Otonomi di Pulau Rote, Jilid 1. Tersesat dalam Pemahaman Nusak. Tangguh Denara Jaya.
Jamari, J. (2016). Peranan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 7(2), 405–424. https://doi.org/10.30739/darussalam.v7i2.92
Manehat, B. Y., Sonbay, Y. Y., & Lian, Y. P. (2023). THE APPLICATION OF TIME VALUE OF MONEY ON FAMILY GATHERING COSTS AT WEDDINGS. Jurnal Ekonomi, 12(02), Article 02.
Manubulu, I., Ari, A., Dewi, A., Wiryawan, W., Gd, A., & Perwata, O. (2018). KONKRITISASI NILAI SOSIOLOGIS HUKUM ADAT SEBAGAI REALITAS SOSIAL DITINJAU DARI AWIG -AWIG DESA PAKRAMAN PADANGTEGAL. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.19780.45444
Manubulu, I. B., Utama, I. P. R. S., & Alam, S. M. (2023). Legislation Performance Approach Through The Formulation of Regional Policy in East Nusa Tenggara. Literasi Hukum, 7(2), Article 2.
Manubulu, I., & Tarandima, A. (2020). BELIS SEBAGAI METODE PERJANJIAN KAWIN TRADISIONAL DALAM KEARIFAN LOKAL SUKU SUMBA DAN SEBAGIAN SUKU DI NUSA TENGGARA TIMUR. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27513.70245
Mohammad Nizar Sabri. (2015). Masyarakat Adat Merupakan Kesatuan Masyarakat Yang Tetap dan Teratur | Brawijaya Law Student Journal. Brawijaya Law Student Journal, (tanpa volume)((tanpa nomor)), 1–10.
Mola, M. (2022). Study of Stages and Ethnolinguistics of Tu’a Eja Culture of Keo Ethnic, Nagekeo Tribe, Flores, East Nusa Tenggara, Indonesia in Efforts of Local Cultural Wisdom Preservation. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 109. https://doi.org/10.29210/1202222044
Morton, K. L. (1978). Mobilizing Money in a Communal Economy: A Tongan Example. Human Organization, 37(1), 50–56.
Muttaqin, M. N. (2020). RESEPSI PERNIKAHAN (Antara Sakralitas Agama, Hukum, dan Tuntutan Adat). Bilancia: Jurnal Studi Ilmu Syariah Dan Hukum, 14(1), Article 1. https://doi.org/10.24239/blc.v14i1.514
Nations, U. (n.d.). Universal Declaration of Human Rights. United Nations; United Nations. Retrieved November 22, 2023, from https://www.un.org/en/about-us/universal-declaration-of-human-rights
Nopeniti Nufninu, F. (2014). Tabua Ma Tnek Mese’. (Sebuah Kajian Identitas Sosial Masyarakat Dawan Amarasi, di kelurahan Buraen, Kec. Amarasi Selatan, Kab. Kupang, NTT). Program Studi Teologi FTEO-UKSW.
Pane, I. (2023). Penyimpangan Nilai Adat Pemandian Balimau Kasai Terhadap Ajaran Islam di Desa Batu Belah Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Provinsi Riau. EDUCATE?: Journal of Education and Culture, 1(02), Article 02. https://doi.org/10.61493/educate.v1i02.46
Prisilya, D. (2023). Pergeseran Nilai Budaya Dalam Perspektif Arkeologi Di Kabupaten Toraja Utara [Other, Universitas Hasanuddin]. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/26116/
Puspitasari, D. (2018). SISTEM PERTUKARAN DALAM TRADISI TU’U STUDI KASUS DI DESA BATUTUA, ROTE BARAT DAYA, ROTE NDAO, NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Analisa Sosiologi, 7(1), Article 1. https://jurnal.uns.ac.id/jas/article/view/18470
Rahim, D., Ahmad, I., & Ismail, N. (2023). Pergeseran Adat Modepita Dilonggato Dalam Proses Pernikahan Masyarakat Gorontalo. JUDICATUM: Jurnal Dimensi Catra Hukum, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.35326/judicatum.v1i1.3271
Ramadhan, A. (2011). Peranan keluarga terhadap perkembangan kecerdasan emosional anak. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2481
Romli, R., & Habibullah, E. S. (2018). TELAAH RESEPSI PERNIKAHAN ADAT JAWA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Al-Mashlahah Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial, 6(02), Article 02. https://doi.org/10.30868/am.v6i02.306
Rustina, R. (2022). KELUARGA DALAM KAJIAN SOSIOLOGI. Musawa: Journal for Gender Studies, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.24239/msw.v14i2.1430
Salestina, B. (2021, August 29). Dhu Are, Ritual Tumbuk Padi di Komunitas Adat Saga NTT. witness.com. https://witness.tempo.co/article/detail/2916/dhu-are-ritual-tumbuk-padi-di-komunitas-adat-saga-ntt-.html
Sibarani, R. (2015). Pendekatan Antropolinguistik Terhadap Kajian Tradisi Lisan. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.22225/jr.1.1.9.1-17
Simbolon, L. A. (2019). Ilmu Perundang-Undangan Yang Baik Untuk Negara Indonesia. Deepublish.
Siregar, F. A. (2018). CIRI HUKUM ADAT DAN KARAKTRISTIKNYA. Jurnal AL-MAQASID: Jurnal Ilmu Kesyariahan Dan Keperdataan, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24952/almaqasid.v4i2.1473
Study of Stages and Ethnolinguistics of Tu’a Eja Culture of Keo Ethnic, Nagekeo Tribe, Flores, East Nusa Tenggara, Indonesia in Efforts of Local Cultural Wisdom Preservation. (2022). Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 109–114.
Suarmini, N. W. (2014). KELUARGA SEBAGAI WAHANAN PERTAMA DAN UTAMA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK. JURNAL SOSIAL HUMANIORA (JSH), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.12962/j24433527.v7i1.599
Sudarsih, S. (2021). Hakikat Nilai Dalam Sistem Pendidikan Keluarga Di Jepang. KIRYOKU, 5(1), 152–158. https://doi.org/10.14710/kiryoku.v5i1.152-158
Sukirno, S. (2018). REVITALISASI DAN AKTUALISASI HUKUM ADAT SEBAGAI SUMBER HUKUM PIDANA POSITIF. Diponegoro Private Law Review, 2(1). https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/dplr/article/view/2825
Sulistyawan, A. Y. (2020). Liberalisme dan Rasionalitas sebagai Basis Rule of Law: Perspektif Gerald Turkel. Undang: Jurnal Hukum, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.22437/ujh.3.1.173-200
Talan, Y. (2019). Mengkaji Bahaya Sinkretisme dalam Konteks Gereja. Sesawi: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), Article 1.
Teologi Perjanjian Lama 1. (n.d.). BPK Gunung Mulia.
Voluntary agreement | European Foundation for the Improvement of Living and Working Conditions. (n.d.). Retrieved November 22, 2023, from https://www-eurofound-europa-eu.translate.goog/en/european-industrial-relations-dictionary/voluntary-agreement?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc
W. Bradley Wandel, object. (2008). Legal Ethics as Political Moralism or the Morality of Politics. Cornell Law Review, 93(6), 1413–1436.
Yliskylä-Peuralahti, J., & Gritsenko, D. (2014). Binding rules or voluntary actions? A conceptual framework for CSR in shipping. WMU Journal of Maritime Affairs, 13(2), 251–268. https://doi.org/10.1007/s13437-014-0059-8
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.