Model Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang Proses Penyelenggaraan Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di SKB Bulukumba Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyelenggaraan pembelajaran program pendidikan kesetaraan Paket C di SKB Bulukumba (Rombel Dahlia), Pendekatan penelitian ini kualitatif dan pendekatan penelitian pendidikan. Subjek penelitian sebanyak 4 orang, 1 orang peserta didik, 1 orang tutor, dan 2 orang pegawai .Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: Penyelenggaraan Pembelajaran Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di SKB Bulukumba diantaranya 1) Merancang Proses Pembelajaran dipointkan yaitu a) Rencana Program Pembelajaran, b) Bahan Ajar, c) Pedoman Penilaian
- Proses Pembelajaran meliputi, a) Metode b) Waktu Pembelajaran, c) Penggunaan Bahan Ajar, d) Penguasaan Kelas Pada Saat Proses
Tahapan evaluasi 4) Kendala yang di alami yaitu kurangnya tingkat kehadiran peserta, Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penyelenggaraan pembelajaran paket C berjalan dengan secara terstruktur dan sistematis, terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
Unduhan
Referensi
Anggraeni, Poppy dan Aulia Akbar. 2018. Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar. 6. (2): 55- 65
Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Kompetensi Profesional Pamong Belajar dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar. Continuing Learning Society Journal, 1(1), 1-20.
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
Amalia, S. R., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(2), 44-59.
Achmad, I. A., Asmas, M. A., & Arib, Y. (2022). Model Penyelenggaraan Keaksaraan Dasar Melalui Pelibatan Tokoh Agama. Lifelong Education Journal, 2(1), 11-18.
Devista, Nova. 2017. Motivasi Kerja Staf Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Lubuk Begalung Kota Padang. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF. 2. (1): 94-99
El-Khuluqo, Ihsana. 2015. Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini).
Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Handoko, Numiek Sulistyo. 2013. Keefektifan E-learning sebagai Media
Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. 3. (1): 90- 102
Hasibuan. Hermawan, Ida Kintamani Dewi. dkk 2016. Kinerja Pendidikan Kesetaraan Sebagai Salah Satu Jenis Pendidikan Nonformal. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 18. (1): 65-84
Lubis, Kun Marlina. 2017. Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan melalui Tindakan Tutor Inovatif pada Kelas X di SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Geografi. 8. (1): 21-32
Ningsih, Ely Sulistya. 2017. Evaluasi Program Paket C di PKBM Delima Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan. 2. (2): 224-241
Sudjana, Nana. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Sutarman, Maman dan Asih. 2016. Manajemen Pendidikan Usia Dini.Bandung: CV Pustaka Setia.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Education Sciences: Fondation & Application
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.