Eksistensi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Terhadap Kekerasan Seksual Anak
DOI:
https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i2.63Kata Kunci:
Eksistensi, P3A, Kekerasan Seksual AnakAbstrak
Penelitian ini mengkaji tentang eksistensi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak terhadap kekerasan seksual anak di Kabupaten Bulukumba. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana eksistensi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak terhadap kekerasan seksual anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak terhadap kekerasan seksual. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak terhadap kekerasan seksual anak di Kabupaten Bulukumba sudah konsisten atas keberadaannya melalui DP2KBP3A dan UPT PPA yang meliputi beberapa program yaitu pendampingan, memulihkan trauma, sebagai motivator bagi korban, memberikan pelayanan konseling, serta memberikan bantuan untuk keadilan hukum.
Unduhan
Referensi
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
Isbandi, Adi. 2013. Kesejahteraan Sosial. Jakarta: Pustaka Pelajar
Asmas, M., & Achmad, I. (2020). Pembinaan Masyarakat Putus Sekolah melalui Kegiatan Pembelajaran Terintegrasi Life Skill pada Program Kejar Paket B. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v4i2.43675
Mannnika, G. 2018. Studi Deskriptif Potensi Terjadinya Kekerasan Seksual Pada Remaja Perempuan. Caluptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya,Vol.7(No.1).pp.25402553.htttps://journal.ubaya.ac.id/index.php/ji mus/article/view/2411
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Suyanto, B. (2013). Masalah Sosial Anak. Jakarta: Kencana.
Zakiyah. 2010. Pemberdayaan Perempuan oleh Lajnah Wanita. Jurnal Pengkajian Masalah Sosial Keagamaan, No. XVII.
Ahmad Kamil dan Fauzan. 2008. Hukum Perlindungan dan Pengangkatan Anak di Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Sjafirah, Nuryah Asri dan Diyha Prasanti. (2016). Penggunaan Media Komunikasi dalam Eksistensi Budaya Lokal Bagi Komunitas Tanah Aksara Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Penggunaan Media Komunikasi dalam Eksistensi Budaya Lokal Bagi Komunitas Aksara di Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, Volume VI No. 2/Desember 2016. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. Dapat diakses pada web: https://repository.unikom.ac.id/51327/1/4.nuryah-dhita-penggunaan- media-komunikasi-dalam-komunitas-tanah-aksara-1.pdf
Athar Asmas, M., & Ridwan, I. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Pesisir Pantai Studi Kasus Masyarakat Pedesaan Pesisir Pantai. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.161985/jesfa.v1i1.5
HASDIANSYAH, A. et al. Empowering Coffee Farmers Through Training on Diversification of Processed Cinnamon Coffee Products and Android Application-Based Marketing at UMKM Rizki Amalia. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), [S.l.], v. 7, n. 3, p. 81-84, nov. 2023. ISSN 2550-0821. Available at: <https://journal.fdi.or.id/index.php/jatiemas/article/view/787>. Date accessed: 29 nov. 2023. doi: https://doi.org/10.36339/je.v7i3.787.
Asmas, M., & Achmad, I. (2020). Pembinaan Masyarakat Putus Sekolah melalui Kegiatan Pembelajaran Terintegrasi Life Skill pada Program Kejar Paket B. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 4(2). https://doi.org/10.15294/jnece.v4i2.43675
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Journal of Education Sciences: Fondation & Application
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.