Perilaku Sosial Putus Sekolah di Kalangan Remaja: Tantangan Sosial dan Upaya Masyarakat dalam Memberikan Dukungan

Penulis

  • Nadiatul Amalia Syam Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Yuli Artati Universitas Muhammadiyah Bulukumba

Kata Kunci:

Perilaku Sosial, Remaja, Putus Sekolah

Abstrak

Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku sosial remaja putus sekolah di Desa Salassae Kabupaten Bulukumba, Jenis penelitian ini adalah kualitatif Deskriptif. Subyek dalam penelitian ini diambil sebanyak 6 orang. Hasil peneletian menggambarkan bahwa dari tiga aspek perilaku sosial remaja putus sekolah yang pertama Tolong Menolong, remaja putus sekolah suka menolong apabila ada upah yang diberikan, kedua Sopan santun remaja putus sekolah kurang sopan karena sering membantah perkataan orang tuanya, kemudian yang ketiga Menghromati orang lain remaja putus sekolah tidak bisa menghormati orang lain karena sering membuat keributan dan mencari masalah dengan orang lain. Ada dua faktor yang mempengaruhi remaja putus sekolah yaitu fakor keluarga dan faktor pergaulan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Creswell.J.W. (2017). Research Design, Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Pustaka pelajar

Idrus Muhammad.( 2009), Metode ilmu sosial pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta :Erlangga

Drs. Wagiyo, M.S.(2022) Paradigma sosiologi dan pendekatannya Hlm:1.9

Baron, Robert A,dan Donn Byrne.2013. psikologi sosial. Jakarta :Erlangga

Ardhian Indra Darmawan., & Niken Seyaningrum, . (2021). Perilaku Sosial Remaja Putus Sekolah di Desa Salassae Kabupaten Bulukumba. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj

Fisnanin purwanti, “Identitas Duru Remaja Pada Siswa. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/dcp

Masrukhi & Hamdan Tri Atmaja (2017). Journal of Educational Social Studies,. Perilaku Sosial Remaja Era Globalisasi Di SMK Muhammadiyah Kramat, kabupaten Tegal. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess

Rikarahim, Muh. Yusuf Hidayat, Jurnal Pendidikan , Perbandingan perilaku sosial melalui model pembelajaran Vol. 3 No. 2, September 2017 http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Achmad, I. A. (2015). Pola penyelenggaraan sekolah rumah sebagai lembaga pendidikan luar sekolah (studi kasus di Sekolah Dolan Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Emirati, E., Achmad, I. A., Marzuki, M., & Syam, N. I. (2023). The Influence Of English Phrase Videos On Improving Speaking Skills Of Course Participants At LKP Incredible. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9705-9715.

Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Kompetensi Profesional Pamong Belajar dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar. Continuing Learning Society Journal, 1(1), 1-20.

Hasdiansyah, A. H., Sriyanti, S. M., Mughaffir, M. Y., Ihwan, I. R., Andi Aris, A. A. M., & Ilmar A, I. A. A. (2023). Pemberdayaan Petani Kopi Melalui Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Kopi Kayu Manis di UMKM Rizki Amalia. Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat, 7(3), 81-84.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-14

Cara Mengutip

Amalia Syam, N., & Yuli Artati. (2024). Perilaku Sosial Putus Sekolah di Kalangan Remaja: Tantangan Sosial dan Upaya Masyarakat dalam Memberikan Dukungan. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 3(1), 14–23. Diambil dari https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/88

Terbitan

Bagian

Artikel