Perilaku Sosial Putus Sekolah di Kalangan Remaja: Tantangan Sosial dan Upaya Masyarakat dalam Memberikan Dukungan
Kata Kunci:
Perilaku Sosial, Remaja, Putus SekolahAbstrak
Tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku sosial remaja putus sekolah di Desa Salassae Kabupaten Bulukumba, Jenis penelitian ini adalah kualitatif Deskriptif. Subyek dalam penelitian ini diambil sebanyak 6 orang. Hasil peneletian menggambarkan bahwa dari tiga aspek perilaku sosial remaja putus sekolah yang pertama Tolong Menolong, remaja putus sekolah suka menolong apabila ada upah yang diberikan, kedua Sopan santun remaja putus sekolah kurang sopan karena sering membantah perkataan orang tuanya, kemudian yang ketiga Menghromati orang lain remaja putus sekolah tidak bisa menghormati orang lain karena sering membuat keributan dan mencari masalah dengan orang lain. Ada dua faktor yang mempengaruhi remaja putus sekolah yaitu fakor keluarga dan faktor pergaulan.
Unduhan
Referensi
Creswell.J.W. (2017). Research Design, Pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Pustaka pelajar
Idrus Muhammad.( 2009), Metode ilmu sosial pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta :Erlangga
Drs. Wagiyo, M.S.(2022) Paradigma sosiologi dan pendekatannya Hlm:1.9
Baron, Robert A,dan Donn Byrne.2013. psikologi sosial. Jakarta :Erlangga
Ardhian Indra Darmawan., & Niken Seyaningrum, . (2021). Perilaku Sosial Remaja Putus Sekolah di Desa Salassae Kabupaten Bulukumba. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj
Fisnanin purwanti, “Identitas Duru Remaja Pada Siswa. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/dcp
Masrukhi & Hamdan Tri Atmaja (2017). Journal of Educational Social Studies,. Perilaku Sosial Remaja Era Globalisasi Di SMK Muhammadiyah Kramat, kabupaten Tegal. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess
Rikarahim, Muh. Yusuf Hidayat, Jurnal Pendidikan , Perbandingan perilaku sosial melalui model pembelajaran Vol. 3 No. 2, September 2017 http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Achmad, I. A. (2015). Pola penyelenggaraan sekolah rumah sebagai lembaga pendidikan luar sekolah (studi kasus di Sekolah Dolan Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Emirati, E., Achmad, I. A., Marzuki, M., & Syam, N. I. (2023). The Influence Of English Phrase Videos On Improving Speaking Skills Of Course Participants At LKP Incredible. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 9705-9715.
Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Kompetensi Profesional Pamong Belajar dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar. Continuing Learning Society Journal, 1(1), 1-20.
Hasdiansyah, A. H., Sriyanti, S. M., Mughaffir, M. Y., Ihwan, I. R., Andi Aris, A. A. M., & Ilmar A, I. A. A. (2023). Pemberdayaan Petani Kopi Melalui Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Kopi Kayu Manis di UMKM Rizki Amalia. Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat, 7(3), 81-84.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Education Sciences: Fondation & Application
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.