Efektivitas Alat Permainan Edukatif Dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Handayani Palampang
DOI:
https://doi.org/10.56959/jesfa.v4i1.113Kata Kunci:
Efektivitas, Alat Permainan Edukatif, Motivasi BelajarAbstrak
Penelitian ini mengkaji tentang Efektivitas Alat Permainan Edukatif dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Handayani Palampang. Penelitian ini berfokus pada efektivitas alat permainan edukatif terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Alat Permainan Edukatif dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Handayani Palampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data mengguanakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas alat permainan edukatif dengan memanfaatkan lingkungan sekitar adalah mendorong motivasi belajar siswa, membuat siswa lebih terlibat aktif dan lebih senang saat proses pembelajaran berlangsung.
Unduhan
Referensi
Amalia, S. R., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(2), 44-59.
Agustia, E. (2023). Merancang Alat Permainan Edukatif (APE) Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Agilearner, 1(1).
Aisyiah, N. A., & Pamungkas, J. (2023). Pemanfaatan Bahan Alam Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6741-6749.
Amiliya, R., & Aminah, S. (2020). Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Al- Abyadh, 3(2), 59-73.
Arikunto, S, (2013), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanti, A., & Muslimin, Z. I. (2015). Efektivitas alat permainan edukatif (APE) berbasis media dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelas 2 di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(1), 58-69.
Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak The Importance Of Childhood Education For Child Development. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1).
Aslindah, A., & Suryani, L. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran PAUD Berbasis Bahan Alam Di TK Alifia Samarinda. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani, 1(1), 49-57.
Baharun, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran pai berbasis lingkungan melalui model assure. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 231-246.
Beno, J., Silen, A. P., & Yanti, M. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kegiatan Ekspor Impor (Studi Pada Pt. Pelabuhan Indonesia II (Pesero) Cabang Teluk Bayur). Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, 22(2), 117-126.
Chrislando, A. (2019). Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU, 15.
Fauziah, W. R., Sugiarti, C., & Ramdani, R. (2022). Efektivitas program wirausaha pemuda dalam upaya penurunan angka pengangguran terbuka di kabupaten tegal pada masa pandemi covid-
Jurnal Manajemen, 14(2), 367-375.Fitriana, D. (2022). Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif (Ape). JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 580-589.
Hasbiyallah, H., & Al-Ghifary, D. F. (2023, June). Memahami Manajemen Belajar dan Pembelajaran pada Pendidikan. In Gunung Djati Conference Series (Vol. 22, pp. 470-479).
Lisa, M., Mustika, A., & Lathifah, N. S. (2020). Alat Permainan Edukasi (APE) Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Kesehatan, 11(1), 125-132.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151.
Negara, I. G. N. M. K., & Darmawati, I. D. A. A. (2017). Hubungan Antara Sosio-Demografik Dan Pengetahuan Dengan Perilaku Orang Tua Dalam Pemilihan Alat Permainan Edukatif (Ape). Jurnal Riset Kesehatan Nasional, Vol. 1, No(90), 160–163.
Tedjasaputra, M.S. (2007). Bermain, Mainan dan Permainan. Cetakan IV. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.
Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2021). Alat permainan edukatif: analisis pengembangan literasi sains anak usia dini. Jurnal obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 654-664.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal:Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.