Motivasi Warga Belajar Dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Paket C di kelompok Belajar Bonto Nyeleng Binaan SKB Bulukumba

Penulis

  • Mirna Yanti Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Ana Safitri Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Fatul Qodratullah Universitas Muhammadiyah Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.56959/jesfa.v1i1.15

Kata Kunci:

Motivasi, warga belajar, pendidikan kesetaraan paket C

Abstrak

Penulis mengkaji tentang motivasi warga belajar dalam mengikuti pendidikan kesetaraan paket C di kelompok belajar Bonto Nyeleng binaan UPT SKB Bulukumba. Dalam melakukan proses belajar motivasi sangat berperan penting. Hal ini dikarenakan motivasi adalah sebagai suatu pion yang membantu warga belajar dalam mengikuti pembelajaran. Apabila warga belajar memiliki motivasi yang tinggi maka akan berdampak baik baginya namun apabila warga belajar memiliki motivasi yang kurang. Maka tujuan dari diadakannya program-program pendidikan salah satunya seperti program pendidikan kesetaraan paket C tidak akan mencapai tujuannya yakni mencerdaskan dan ,mensejahterahkan masyarakat. Dalam hal ini motivasi dapat terbangun dan terhambat dikarenakan dengan adanya 2 faktor baik itu dari faktor intrinsik(dalam) maupun ekstrinsik(luar). Penulis mencoba mendeskripsikan bagaimana motivasi warga belajar di kelompok belajar bonyel dalam mengikuti proses maupun menghadiri setiap kegiatan pembelajaran. Penulis ingin mengetahui tingkat motivasi dan faktor yang mendorong dan yang menghambat para warga belajar. Adanya Pendidikan kesetaraan paket C ini mampu meningkatkan kemampuan intelektual masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bima,Arman; Sumardi; Irja Desti. (2017). Motivasi belajar warga belajar mengikuti program kejar paket C di PKBM Mitra Riau Jaya Cemerlang Pekanbaru.

Emirati, E. (2021). Penyelenggaraan Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C Di Pkbm Merah Putih Kota Makassar. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 8(2), 117-129. DOI: https://doi.org/10.36706/jppm.v8i2.15789

http://literaturkti.blogspot.com/2013/05/definisi-tutor.html

Putri; Meilya. (2021). Motivasi Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran Program Kesetaraan Paket B di PKBM Karya Agung Tangerang. Lifelong Education Journal, 1(1), 67-75. https://doi.org/10.180685/lej.v1i1.5

Rinaldi, Maulana; Susilo, Heryanto. (2022). Peran Tutor dalam Meningkatkan Motivasi Warga Belajar Pada Warga Belajar di Program Kesetaraan Paket C Sanggar Kegiatan Belajar Mojokerto. J+Plus Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah,11(2), 343-355.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah

Senjawati; Fakhruddin . (2017) . Motivasi Warga Belajar dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Program Kelompok Belajar Paket C. Journal of non formal Education, 40- 46. https://doi.org/10.15294/jne.v3i1.8914

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

Yanti, M., Safitri, A., & Qodratullah, F. (2022). Motivasi Warga Belajar Dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Paket C di kelompok Belajar Bonto Nyeleng Binaan SKB Bulukumba. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 1(1), 65–73. https://doi.org/10.56959/jesfa.v1i1.15

Terbitan

Bagian

Artikel