Panduan Pembelajaran Merdeka Belajar untuk Program Kursus Bahasa Inggris di Lembaga Kursus Pelatihan Incredible
DOI:
https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i1.47Kata Kunci:
Panduan pembelajaran , pembelajaran transformatif, kursus bahasa InggrisAbstrak
Kursus bahasa Inggris merupakan sebuah lembaga pendidikan non formal yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan belajar masyarakat akan bahasa Inggris, bahkan diyakini mampu mentransform kesulitan mereka dalam mempercepat dan menuntaskan penguasaan bahasa Inggris mereka. Kenyataan menunjukkan bahwa masih banyak lembaga yang kurang mampu merealisasikan harapan tersebut. Sehingga penelitian ini diharapkan mampu mengatasi permalasahan dan merealisasikan harapan masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengembangakan buku panduan pembelajaran transformatif untuk program kursus bahasa Inggris guna meningkatkan kemampuannya memenuhi harapan masyarakat tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Pertama dilakukan pendalaman kembali permasalahan kursus Bahasa Inggris dan best practice kursus terkait, pengembangan draft panduan pembelajaran transformatif untuk kursus bahasa Inggris, kemudian validasi ahli media pembelajaran dan ahli bidang PLS, revisi, validasi pihak pengguna di lapangan, dan revisi akhir. Penyajian data menggunakan teknik analisis data statistic kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan pembelajaran transformatif untuk program kursus bahasa Inggris ini cukup valid dan dapat digunakan. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi ahli media pembelajaran dengan ahli bidang PLS dengan kualifikasi cukup valid dan tidak perlu direvisi dan dari pihak pengguna dengan persentase 82,77% termasuk kategori kualifikasi valid dan tidak perlu direvisi). Berdasarkan temuan tersebut peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menguji-cobakan model solusi yang ditawarkan, bahkan mengembangkan model solusi lain yang lebih efektif dan serta mengembangkan panduannya sesuai karakteristik lokal.
Unduhan
Referensi
Apps W. Jerol. 1979. Problem in Continuing Education. McGraw-Hill Book Company Calipornia
Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arief, Zainuddin. 1986. Andragogy. Bandung: Angkasa
Asmah, Siti. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Orang Dewasa. Malang: Elang Mas Malang.
Asrori, Muhammad. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
Borg, Walter, R. & Gall, Meredith, Damien. 1983. Educational Research: an Introduction, Fourth Edition. Longman Inc. New York.
Cadena, F. 1991. Transformation Through Knowledge, Knowledge Through Transformation. Convergence, 24(3), 62-70 dalam jurnal internasional berjudul facilitating Transformative learning groups: Reflection on mexico and Highlander By Donald J Yarosz and Susan Fountain. Online diakse pada tanggal 23 September 2015.
Coombs, P.H. 1984. Memerangi Kemiskinan Di Pedesaan Melalui Pendidikan Non Formal. Jakarta: CV. Rajawali.
Cranton, Patriacia. 2003. Teaching for transformation. Internet. Diakses pada tanggal 23 September 2015.
Churiyah, Madziatul. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan social Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatkan Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Tradisional. Disertasi tidak diterbitkan: PPs UM
Danim, Sudarman. 2013. Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta Bandung.
Degeng, I Nyoman Sudana. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Bahan Sajian Aktar Mengajar. Malang: FIP UM
Depdiknas. 2007. Naska Slide sosialisasi KTSP. (online) http:blog.uin-malang-ac.id/azistatapangarsa/2011/06/05/pengembangan-bahan-ajar/ diakses tanggal 8 Desember 2015.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2009. Pedoman Operasional Penilaian Angka Kredit Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen ke Lektor Kepala dan Guru Besar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen PAUDNI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Echols & Shadily. 1996. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia
Fadilla. 2009, Pembelajaran Transformatif. (online). (http://www.google.com Karakteristik Pembalajaran Transformatif.html). diakses 09 Januari 2016.
Fuat. 2014. Pengembangan Buku Ajar Geometri yang Membangun Kemampuan Membuktikan. Tesis tidak diterbitkan: PPs UM
Hardika. 2012. Pembelajaran Transformatif Berbasis How To Learn; Teori Model dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Malang: UMM Pres
Jarvis, Peter. 2004. Adult Education and Lifelong Learning, Theory and Practice. Third edition. London & New York: RoutledgeFalmer
Knowles, Malcolm. 1984. The Adult Learner A Neglected Species. Houston: GUFF Publishing Company
Knowles, Malcolm. 1970. The Modern Practiceof Adult Education, Andragogy Versus Pedagogy. New York: Association Pres.
Knowles, Malcolm. 1980. The Modern Practice of Adult Education: From Pedagogy to Andragogy. New York: Cambridge
Knowles, Malcolm. 2005. The Adult Learner: The Definitive Classic in Adult Education and Human Resource Development. America: Elsevier
Kotter. _____. Online (http://www.kotterinternational.com/the-8-step-process-for-leading-change/) . diakses pada tanggal 31 Maret 2016
Listia, Rina. 2012. Online (http://www.netlibrary.com. Pengajaran-bahasa-inggris.html) diakses pada tanggal 5 Februari 2016.
Marzuki, M. Saleh. 2009. Pendidikan Non Formal Bukan Residu. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Universitas Negeri Malang.
Mesa, V., & Griffiths, B. 2011. Textbook Mediation of Teaching: an Example from Tertiary Mathematics Instructors. Educational Studies Mathematics. Doi:10.1007/s10649-011-9339-9
Moedzakir, M. Djauzi. 2010. Metode Pembelajaran untuk Program-program Pendidikan Luar Sekolah. Malang: UM Press
_______. 2014. Online. (belajarbahasainggrisonline-gratis.blogspot.co.id. Manfaat-pentingnya-belajar-bahasa-inggris-di-era-globalisasi.html).
_______. 2008. Jurnal Of Extension. Online (http://www.joe.org/joe/2008june/comml.php). Diakses pada Tanggal 31 Maret 2016.
Muriadi. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Tipe Problem Possing untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Operasi Bentuk Aljabar. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM
Nadir, Khoirul. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Transformative Pada Program Kursus Bahasa Inggris. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM
Nasution, R. 2011. Transformatif Learning dan Case-Based Learning. Artikel Online. Diakses pada tanggal 09 Januari 2016.
Nazzari, V.,et al. 2005. Using Transformative Learning as a Model for Human Rights Education: A Case Study of the Canadian Human Rights Foundation’s International Human Rights Training Program, Intercultural Education, Vol. 16, No. 2, Mei 2005, Halaman. 171-186
Puskurbuk. 2008. Model Bahan Ajar Paket A – Tingkatan I. Departemen Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Jakarta
Pratowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rhamadani. 2013. Hakikat Pembelajaran Transformatif dan Konstruktivisme. Artikel Ilmiah, online diakses pada tanggal 09 Januari 2016
Romiszowski. A.J. 1986. Developing Auto Instructional Materials. New York: Kogan Page. London/Nicholas Publishing
Rohati. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Apllying, Cooperating, Transferring (REACT) di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edumatica Volume 01, nomor 2, Oktober 2011 (halaman 61-73): Universitas Jambi
Sirimorok, Nurhadi. 2010. Membangun Kesadaran Kritis: Kisa Pembelajaran Partisipatif Orang Muda. Yogyakarta: INSISTPress.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.