Implementasi Program Kursus Bahasa Jepang Di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Bulukumba
DOI:
https://doi.org/10.161985/jesfa.v3i2.100Kata Kunci:
Program Kursus Bahasa Jepang, Minat, SKBAbstrak
Program kursus bahasa Jepang di UPT SKB Kabupaten Bulukumba merupakan program yang dirancang untuk membekali masyarakat Bulukumba dengan kemampuan berbahasa Jepang. Program ini memberikan pembelajaran dasar hingga menengah, mencakup tata bahasa, kosakata, dan pengucapan, serta pengenalan budaya Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat masyarakat dalam mengikuti kursus bahasa Jepang yang dilaksanakan oleh SKB Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik mengedit data yang berkaitan atau berhubungan dengan respon masyarakat terhadap pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya minat masyarakat dalam mengikuti kursus bahasa Jepang yang dilaksanakan oleh Kabupaten Bulukumba dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut diantaranya izin orang tua, kurangnya informasi tentang program kursus, mental peserta didik, dan biaya kursus.
Unduhan
Referensi
Bara, Ch, B. (2008). Konsep Kurikulum.
Achmad, I. A., Hasdiansyah, A., & Ashadi, A. (2024). INTERVENSI SENSITIF; PENDIDIKAN, PEMBERDAYAAN, DAN PANANGGULANGAN KEMISKINAN TERHADAP PENCEGAHAN STUNTING. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 11(1), 97-116.
Achmad, I. A., Akbar, F., Mawar, M., & Hasdiansyah, A. (2024). Pelatihan Pembuatan Gula Semut terhadap Kelompok Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Arabika. Madaniya, 5(4), 1589-1594.
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Kompetensi Profesional Pamong Belajar dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar. Continuing Learning Society Journal, 1(1), 1-20.
Inlow, G. H. (1966). The Nature of Curriculum.
Kahneman, D., & Tversky, A. (1979). Prospect Theory: An Analysis of Decision under Risk. Econometrica, 47(2), 263-291.
Moleong, J. Lexy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Moleong, (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: Remaja Rosdakarya).
Nugroho. (2014). Implementasi Kebijakan Publik: Teori dan Praktik.
Potter, P.A., & Perry, A.G. (2011). Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Edisi 9. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Purwanto. (2010). Psikologi Pendidikan: Landasan Teori dan Praktik dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto. (2018). Manajemen Pendidikan : Teori, Konsep, dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Purwanto dan Sulistyastuti, (1991). Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan.
Sari, D. (2021). Pengaruh Subsidi Pendidikan Terhadap Minat Masyarakat dalam Mengikuti Pelatihan Bahasa Asing. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 15(3), 45-59.
Subarsono. (2006). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori, dan Aplikasi.
Sulaeman, M. Munandar. (1998). Ilmu Budaya Dasar: Suatu Pengantar.
Sulaeman, M. Munandar. (1998). Ilmu Budaya Dasar: Suatu Pengantar. Penerbit: Pustaka Sinar Harapan.
Syahrum dan Salim. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Ciptapustaka.
Nurdin Usman. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum.
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Pemuda, dan Olahraga (Kepdirjen Diklusepora) Nomor : KEP105/E/L/1990.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
https://lib-fisib.unpak.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13041&need_sec_link=1&sec_link_scene=im
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.