Strategi Pengembangan Minat Belajar Peserta Lembaga Kursus dan Pelatihan Taruna Akademia Kupang
DOI:
https://doi.org/10.56959/jesfa.v1i1.9Kata Kunci:
Strategi Pengembangan, Minat BelajarAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Strategi Pengembangan Minat Belajar Peserta Didik di Taruna Akademia Kupang.Penelitian ini dilaksanakan di Taruna Akademia Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif,metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,wawancara,dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan teknik reduksi data,teknik penyajian data dan teknik penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan minat belajar peserta didik Taruna Akademia yang diterapkan pada peserta didik dalam proses belajar mengajar sesuai dengan kebutuhan dan keadaan peserta didik seperti tutor yang menciptanya lingkungan belajar yang menyenangkan,menyediakan bahan praktik kerajinan untuk peserta didik. Oleh karena itu Strategi Pengembangan minat belajar peserta didik Taruna Akademia Kupang yang di terapkan oleh tutor adalah ,strategi belajar diselingi dengan permainan (games),Belajar di selingi dengan praktik pelatihan, dan berkenalan dengan orang-orang baru .
Unduhan
Referensi
Achmad, I., & Asmas, M. (2022). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(2), 145-151. https://doi.org/10.15294/pls.v5i2.51725
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar. Formatif, 5(1), 68–75. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167
Fitri, E. N., & Marjohan. (2016). Manfaat Layanan Konseling Kelompok Dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal Educatio, 2(2), 19–23.
Istiqomah, M., & Saraswasti, S. (2020). Peran Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Kelompok Kelas Ipa-Ips Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 1(02), 79–87. https://doi.org/10.36728/cijgc.v1i02.1186
Lande, A., Ferliandre, A., & Anggraini, M. (2022). Gaya Kepemimpinana, Kepribadian dan Strategi. Jurnal Ilmu Hukum Humaniora Dan Politik, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i1
Nay, F. A. (2018). Aspek Etnomatematika pada Budaya Penangkapan Ikan Paus Masyarakat Lamalera Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 356–365.
Saputra, A., Kusnadi, D., & ... (2022). Aktivasi Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Masyarakat Perbatasan Kalimantan Utara. Kreatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 81–89. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.475
Sujanto, A. (2016). Pengembangan Kemitraan Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk Penjaminan Mutu LKP. Jurnal Ilmiah Infokam, 12(2). https://doi.org/10.53845/infokam.v12i2.110
Sundari, R., Putra, M. J., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Pemberian Ice Breaking terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 2 Lais. Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1651–1660. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5486
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



