Strategi Pengembangan Minat Belajar Peserta Lembaga Kursus dan Pelatihan Taruna Akademia Kupang

Penulis

  • Florianus Aloysius Nay Universitas San Pedro
  • Alexius Andiwatir Universitas San Pedro
  • Rudobertus Talan Universitas San Pedro
  • Emirati Universitas Muhammadiyah Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.56959/jesfa.v1i1.9

Kata Kunci:

Strategi Pengembangan, Minat Belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Strategi Pengembangan Minat Belajar Peserta Didik di Taruna Akademia Kupang.Penelitian ini dilaksanakan di Taruna Akademia Kupang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif,metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,wawancara,dan dokumentasi.  Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan teknik reduksi data,teknik penyajian data dan teknik penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan minat belajar peserta didik Taruna Akademia yang diterapkan pada peserta didik dalam proses belajar mengajar sesuai dengan kebutuhan dan keadaan peserta didik seperti tutor yang menciptanya lingkungan belajar yang menyenangkan,menyediakan bahan praktik kerajinan untuk peserta didik. Oleh karena itu Strategi Pengembangan minat belajar peserta didik Taruna Akademia Kupang yang di terapkan oleh tutor adalah ,strategi belajar diselingi dengan permainan (games),Belajar di selingi dengan praktik pelatihan, dan berkenalan dengan orang-orang baru .

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Achmad, I., & Asmas, M. (2022). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(2), 145-151. https://doi.org/10.15294/pls.v5i2.51725

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar. Formatif, 5(1), 68–75. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167

Fitri, E. N., & Marjohan. (2016). Manfaat Layanan Konseling Kelompok Dalam Menyelesaikan Masalah Pribadi Siswa. Jurnal Educatio, 2(2), 19–23.

Istiqomah, M., & Saraswasti, S. (2020). Peran Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Kelompok Kelas Ipa-Ips Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 1(02), 79–87. https://doi.org/10.36728/cijgc.v1i02.1186

Lande, A., Ferliandre, A., & Anggraini, M. (2022). Gaya Kepemimpinana, Kepribadian dan Strategi. Jurnal Ilmu Hukum Humaniora Dan Politik, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i1

Nay, F. A. (2018). Aspek Etnomatematika pada Budaya Penangkapan Ikan Paus Masyarakat Lamalera Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 356–365.

Saputra, A., Kusnadi, D., & ... (2022). Aktivasi Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Masyarakat Perbatasan Kalimantan Utara. Kreatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(3), 81–89. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i3.475

Sujanto, A. (2016). Pengembangan Kemitraan Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk Penjaminan Mutu LKP. Jurnal Ilmiah Infokam, 12(2). https://doi.org/10.53845/infokam.v12i2.110

Sundari, R., Putra, M. J., & Dedy, A. (2022). Pengaruh Pemberian Ice Breaking terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 2 Lais. Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1651–1660. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5486

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

Nay, F., Andiwatir, A., Talan, R., & Emirati, E. (2022). Strategi Pengembangan Minat Belajar Peserta Lembaga Kursus dan Pelatihan Taruna Akademia Kupang. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.56959/jesfa.v1i1.9

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama