Pengaruh Penggunaan Diskusi Kelompok Kecil Terhadap Pemahaman Membaca di Kelas VIII SMPN 26 Bulukumba.
DOI:
https://doi.org/10.56959/jesfa.v4i1.107Kata Kunci:
Reading Comprehensions, Small Group Discussion, Student ImprovementAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efek menggunakan diskusi kelompok kecil untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMPN 26 Bulukumba. Studi ini menggunakan desain pra-eksperimental. Populasi penelitian terdiri dari siswa dari SMPN 26 Bulukumba, dan sampel dipilih melalui pengambilan sampel secara sengaja, yang melibatkan satu kelas 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur pemahaman membaca siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test adalah 53,50, sedangkan rata-rata skor post-test meningkat menjadi 68,66. Analisis uji t menunjukkan bahwa nilai t-hitung (4,3) lebih besar dari nilai t-tabel (1,714), yang menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, hipotesis alternatif (H?) diterima dan hipotesis nol (H?) ditolak. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi kelompok kecil secara efektif dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa di SMPN 26 Bulukumba.
Unduhan
Referensi
Amin, F., & Wahyudin, A. Y. (2022). The Impact Of Video Game:“Age Of Empires Ii” Toward Students’reading Comprehension On Narrative Text. Journal Of English Language Teaching And Learning, 3(1), 74-80.
Ary, D., Jacobs, L. C., Sorensen, C., & Walker, D. (2018). Introduction to research in education (10th ed.). Cengage Learning.
Azkia, N., & Rohman, N., (2020). Analisis Metode Montessori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa SD/MI Kelas Rendah. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(2), 14–22.
Azizah, N. (2022). Model Pembelajaran Small Group Discussion dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 4235-4242.
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
Crisianita, S., & Mandasari, B. (2022). The Use of Small-Group Discussion to Improve Students' Speaking Comprehension. Journal of English Language Teaching and Learning, 3(1), 61-66.
Damayanti, R., & Chamidah, A. (2017). Keterampilan membaca: Literal, matematis, kritis, kreatif. Surabaya: UWKS Press.
Ernawati, E. (2020). Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Educatio FKIP Unma, 6(2), 125–131.
Gay, L. R. (2018). Educational research: Competencies for analysis and applications (11th ed., pp. 123-135). Pearson Education.
Hamdayana, J. (2016). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Hidayati, R. (2019). Improving students' reading comprehension using pictures on report texts. Jurnal Pendidikan (JUPE), 1(2), 1-10.
Hudriyah, R. H., & Maulidy, M. A. (2021). Metode Small Group Discussion (SGD) pada Mahârah Qirâ`ah di Madrasah Tsanawiyah. Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, 13(1).
Kemdikbud. (2022). Laporan hasil survei PISA 2018: Penurunan kemampuan membaca bahasa Inggris siswa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kosasih, E. (2015). Strategi belajar dan pembelajaran implementasi kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Maslina, Y., Rahmi, R., & Mulyani. (2020). The Use of Small Group Discussion in Teaching Reading Comprehension: A Descriptive Study at the Second-Semester Students of English Department of STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–8.
Medriati, R., & Risdianto, E. (2020). Penerapan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikatif Mahasiswa Pendidikan Fisika Semester III Universitas Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 67-74.
Napsiah, A. (2020). The Effect of Small Group Discussion Technique Towards Students' Reading Comprehension of Descriptive Text at the Eighth Grade of SMPN 6 Siak Hulu Kampar (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau).
Nasution, 2020. Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah dengan Berorientasi Pembentukan Karakter untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 85–92.
Ningsih, C. K., Rima, R., & Fargianti, Y. (2020). The Effect of Using Small Group Discussion in Reading Comprehension at Eighth Grade of SMPN 2 Jawilan. Proceeding AISELT, 4(4), 1–6.
Novi, S., & Mulyani, R. (2024). The effect of project-based approach on students' motivation and engagement in narrative text writing. Journal of Educational Research and Practice, 12(3), 45–58.
Panjaitan, S., Siahaan, S., & Siahaan, S. (2021). The Effect of Using Small Group Discussion Method on Students’ Ability in Reading Comprehension for the Eleventh Grade Students of SMA Tamansiswa Binjai. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 9(2), 1–10.
Perawati, N. M. (2021). Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil dalam Model Pembelajaran Think-Talk-Write Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 5(1), 145-150.
Prima, 2019. Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah dengan Berorientasi Pembentukan Karakter untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 85–92.
Primayana, K. H. (2019). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah dengan Berorientasi Pembentukan Karakter untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 85–92.
Rahmi, Y., & Marnola, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jurnal Basicedu, 4(3), 662-672.
Rahim, F. (2018). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rokhamah, L., & Iayuti, A. (2023). Model Diskusi Kelompok Kecil dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20(1), 45–58.
Setiorini, N., Sari, M., & Pratiwi, D. (2022). Reading as a process of understanding the writer's message through written language. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(3), 45–56.
Subli, R. (2021). The Act of Reading: An Overview of Physical and Mental Processes in Comprehension. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 15(2), 123–135.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi ke-2). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (39th ed.). Bandung: Alfabeta.
Suparlan. (2021). Ketrampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1–12.
Susanto, S. (2020). Efektivitas Small Group Discussion dengan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(1).
Syakur et al., 2020. The purpose of learning to read in the process of teaching and learning English. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 13(1), 90-100.
Taryono, T., Nasution, D., & Yundayani, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Teknik Diskusi Kelompok Kecil. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Stkip Kusuma Negara.
Tarigan, H. G. (2014). Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tohir, 2019. Indonesian Education Movement and Curriculum Development. Jurnal Pendidikan Indonesia, 18(2), 153-161.
UIN Satu. (2024). The importance of using narrative texts in English as a Foreign Language (EFL) classes to enhance students' cultural and linguistic understanding. Journal of Language and Culture Studies, 8(2), 112–125.
Van den Broek, P. (2020). Reading comprehension: An overview of theoretical and practical perspectives. Reading Psychology, 41(6), 525-543.
Wulandari, Z. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Small Group Discussion Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI MIPA 3 di SMA Negeri 3 Sinjai. (Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAI Muhammadiyah Sinjai).
Yuyun, D. (2017). Statistika untuk pendidikan: Teori dan aplikasi dalam penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



