Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Kampus Mengajar di UPT SPF SDN. 241 Barugae Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba

Penulis

  • Ulfiyani Syah Putri Program Studi Pendidikan Nonformal, Universitas Muhammadiyah Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.161985/jesfa.v3i2.105

Kata Kunci:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini Mengkaji tentang Implmentasi Kurikulum Merdeka Melalui Kampus Mengajar di UPT SPF SDN.241 Barugae Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini berfokus pada tiga pokok pembahasan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan asesmen pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implmentasi Kurikulum Merdeka di UPT SPF SDN.241 Barugae. Penelitian menggunkan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka di SDN.241 Barugae,dalam perencanaan pembelajaran guru melakukan asesmen formatif terlebih dahulu untuk mengetahui karakteristik peserta didik kemudian perangkat ajar yang digunakan guru mengacu pada perangkat ajar yang disediakan oleh Kemendikbutristek kemudian memodifikasinya. Pelaksanaan pembelajaran terbagi menjadi dua yaitu Intrakulikuler dan P5. Asesmen pembelajaran mengacu pada asesmen yang telah disediakan oleh kemendikbutristek pada kurikulum merdeka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Majid,Strategi Pembelajara, (Bandung PT Remaja Rosdakarya 2014), 129.

Aina, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 96.

Assingkily, M. S. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Alquran Hadis di MAN 3 Medan. Skripsi, Medan: UIN Sumatera Utara Medan.

Amalia, S. R., Ilmar Andi Achmad, & A Hasdiansyah. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar . Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 2(2), 44–59. https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i2.70

Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2023). Kurikulum Operasional Merdeka Belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. PROSIDING IDEAS PUBLISHING.

Dr. Farida Jaya, M. P. (2019). Buku Perencanaan Pembelajaran-full.pdf. In 2019 (p. 152). http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8483

Fatmawati, F., & Yusrizal, Y. (2021). Analysis of the Utilization of Nature as a Learning Media in the Covid-19 Pandemic Era. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Science, 4(4), 8150-8154.

Guntur Setiawan,Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan(Jakarta:Balai Pustaka,2004),39

Hidayani, M. (2018). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim?: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 375. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i2.845

Herdiansyah, H. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial: Perspektif Konvensional dan Kontemporer. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

Januarti,V.,Marmoah,S., & Sriyanto,M.I (2023). Perencanaan pembelajaran fase A dalam Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indira, 11(3), 25-28

Kemendikbud Ri. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila (1 Ed.).

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–50.

Khairunnisa,K.(2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Sumbersari 2kota Malang (Doctoral Dissertation,Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)

Najwa, W. A., Slamet Widodo, M. Misbachul Huda, & Adhy Putri Rilianti. (2023). Kompetensi Guru dalam Menerapkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Sangkalemo?: The Elementary School Teacher Education Journal, 2(1), 54–66.

Nana Sudjana,Dasar-dasar Proses Belajar, (Bandung: Sinar Baru,2010)136.

Nasution, S. (1989). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurani, D., Anggraini , L., Misiyanto, & Mulia, Rizqi, K. (2022). Buku Saku Edisi Serba Serbi Kurikulum Merdeka Kekhasan Sekolah Dasar. Jakarta Pusat: Tim Pusat Kurikulum dan Pembelajaran (Puskurjar), BSKAP.

Nurdin Usman,Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum(Jakarta:Grasindo, 2002), 170

Nurdyansyah,N.(2018) Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Magdalena, I., Oktaviani, D., & Nurjamilah,P.(2021) Analisis Evaluasi Sumatif Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN Batujaya Di Era Pandemic Covid-19.ARZUSIN,1(1),137-150

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republic. (2022). Kepmen No 262 Perubahan 56 Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pemulihan Pembelajaran. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi RepublikIndonesia.

Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyadi, D. (2015). Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati ,I. L., Hartanto, H., & Nugroho, S,E., (2015) Pengemabngan Asesmen Formatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Self Regulation Siswa Pada Tema Suhu Dam Perubahannya. Unnes Science Education Journal, 4(2)

S.W.Nasution,”Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar Disekolah Dasar”, In Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2021, vol.1, no. 1, pp. 135-142

Safitri,A.,Wulandari,D.,7 Herlambang,Y,T.(2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa Indonesia. Jurnal Basicedu,6(4), 7076-7086

Salsabila,I.I., Jannah,E.,& Juanda,J.(2023). Analisis Modul Ajara Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal literasi dan pembelajaaran Indonesia,3(1),33-41

Setiawan, G. (2004). Implementasi Dalam Birokrasi Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarsih,I.,Marmoah,S.,& Sriyanto,M.I.(2023) Perencanaan Pembelajaran Fase A Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Disekolah Dasar. Jurnal Basicedu,6(5),8248-8258

Ulinniam, Hidayat, Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum Revisi 2013 Di Masa Pandem Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118–126.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Ulfiyani Syah Putri. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Kampus Mengajar di UPT SPF SDN. 241 Barugae Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 3(2), 1–11. https://doi.org/10.161985/jesfa.v3i2.105

Terbitan

Bagian

Artikel