Peran Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Teras Literasi Untuk Penguatan Literasi Berimbang di Kelurahan Lesanpuro Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.56959/jesfa.v4i1.108Kata Kunci:
Literasi, Taman Bacaan Masyarakat,, Pemberdayaan MasyarakatAbstrak
Penelitian ini menunjukkan bahwa Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Teras Literasi memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi berimbang di Kelurahan Lesanpuro, Kota Malang. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa TBM Teras Literasi tidak hanya berfungsi sebagai pusat baca, tetapi juga sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia dan penciptaan lingkungan literasi yang inklusif. TBM ini telah berhasil menumbuhkan kecintaan membaca di kalangan anak-anak dan masyarakat setempat melalui layanan seperti peminjaman buku, kegiatan literasi mingguan, dan pelatihan keterampilan berbasis praktik secara berkala seperti membatik dan pengelolaan limbah. Di TBM Teras Literasi, kegiatan literasi dirancang untuk merangsang minat baca melalui metode seperti membaca mandiri dan membaca dengan pemodelan. Sesi menulis terpandu dan menulis dengan pemodelan juga membantu peserta, terutama anak-anak, dalam mengembangkan kemampuan menulis kreatif mereka. Pengalaman belajar di TBM Teras Literasi diperkaya melalui kolaborasi dengan masyarakat setempat dan pemerintah daerah, yang berkontribusi pada beragam koleksi bahan bacaan serta aktivitas interaktif yang menarik. Penelitian ini menegaskan peran krusial TBM Teras Literasi sebagai penggerak literasi masyarakat. Kesimpulannya, TBM Teras Literasi secara signifikan meningkatkan akses terhadap pendidikan nonformal dan pemberdayaan masyarakat melalui program literasi berimbang, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan pendidikan masyarakat sekitar
Unduhan
Referensi
Abdul Majid,Strategi Pembelajara, (Bandung PT Remaja Rosdakarya 2014), 129.
Aina, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 96.
Assingkily, M. S. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Alquran Hadis di MAN 3 Medan. Skripsi, Medan: UIN Sumatera Utara Medan.
Amalia, S. R., Ilmar Andi Achmad, & A Hasdiansyah. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar . Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 2(2), 44–59. https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i2.70
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2023). Kurikulum Operasional Merdeka Belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. PROSIDING IDEAS PUBLISHING.
Alang, B., Ariska, R., Azizah, C., Sulkifli. (2022). Peran Sosial Media Terhadap Masyarakat Buta Aksara. Journal of Education Sciences: Fondation & Application (JESFA) 1(1).
Chandra, D., Farantika, D., Sulistyani, M., (2023). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Jawa. . Journal of Education Sciences: Fondation & Application (JESFA) 2(2).
Fatullah, J., Darusman, Y., Herwina, W. (2024). Konsep Pemberdayaan Masyarakat melalui Keterampilan Batik Ecoprint Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya. Journal of Education Sciences: Fondation & Application (JESFA) 3(1).
Kemendikbud. (2013). Petunjuk Tenis Pengajuan, Penyaluran, dan Pengelolaan Bantuan Taman Bacaan Masyarakat Rintisan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat.
Retnaningdyah, P. (2019). Literasi Berimbang. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud.
Saepudin, Rusmana (2017) Peran Taman Bacaan Masyarakat Bagi Anak-anak Usia Dini. Jurnal Kajian Informasi dan perpustakaan 5(1).
Saripah, I., Kamarubiani, N., Hilmi, M. I., & Rosmia, A. R. (2019, April). Automation Management Training For Community Library. In 8th UPI-UPSI International Conference 2018 (UPI-UPSI 2018) (pp. 98-100). Atlantis Press.
Sasak, K., Tegal, D., Nailis, Y., Sa, S., Ag, S., & Pd, M. (2022). Peran Taman Baca Masyarakat dalam Meningkatkan Keaktifan dan Literasi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 1(2).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Susanti, L., Indrianti, D., Hilmi, M., & Handayani, S. (2022). Literasi Digital: Pemberdayaan Perempuan pada Kelompok Dasa Wisma di Kabupaten Banyuwangi. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 115-126. doi:https://doi.org/10.21831/diklus.v6i2.49504
Widhiasih, & Dharmayanti. (2017). Strategi Membaca Nyaring Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar 2(2).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



