Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini di TK Andalusia Kota Parepare

Penulis

  • isjulianti PKBM Sipatuwo Deceng

DOI:

https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i1.35

Kata Kunci:

Upaya guru, Kedisiplinan anak

Abstrak

 Secara sederhana kedisiplinananak usia dini pada dasarnya adalah sikap taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku,baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat yang dilakukan oleh anak usia 0-6 tahun. Dengan demikian dikatakan bahwa disiplin adalah proses bimbingan yang bertujuan menanamkan pola prilaku tertentu, kebiasaan-kebiasaan tertentu atau membentuk manusia dengan ciri- ciri tertentu, yang meningkatkan kualitas mental dan moral. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Andalusia Kota Parepare. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, subjek pada penelitian ini adalah: 2 orang guru dan 18 peserta didik, teknik pengumpulan data: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi, Dalam proses analaisis terdapat 3 komponen analisisnya, yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan ksimpulan dilaksanakan bersama dengan proses pengumpulan data dalam bentuk interaktif melalui proses wawancara dan observasi. Dengan menggunakan analisis tersebut maka peneliti mengemukakan hasil penelitian bahwa meningkatkan disiplin anak usia dini di TK pada umumnya bernilai cukup. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya, maka peneliti dapat simpulkan bahwa sebagai guru dalam meningkatkan disiplin anak mempunyai target atau insiatif bahwa adanya peningkatan disiplin anak melalui upaya guru diharapkan dapat meningkatkan disiplin anak sesuai dengan adanya 7 indikator yang akan dikembangkan. Melalui berbagai metode dan upaya tersebut di diharapkan menjadi perantara dalam meningkatkan disiplin anak usia dini sehingga pendidikan yang diberikan kepada anak bisa lebih optimal

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad Tafsir.2014. Ilmu pendidikan dalam Prespektif Islam.Bandung:PT Remaja Rosdaka

Ali Imron.2011.Manajemen Peserta didik Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara Anwar

Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.

Cony R setiawan, 2015.Penerapan pembelajaran pada anak, Jakarta:Indeks.

E.Mulyasa. 2018.Menjadi Guru Yang Profesional-Menciptakan Pembelajaran Yang Kreatif dan Menyenangkan.Bandung:Remaja Rosdakarya.

Fadilah, M., Khorida, L.M. 2013.Pendidikan Karakter Anak usia Dini,Jogjakarta:Ar ruzz media.

Maria J wantah. 2015. Mengembangan disiplin dan pembentukan moral pada anak usia dini.Jakarta: Depdikna.

Moleong, Lexy. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Pupuh Fathurrohman. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Reffika Aditama.

Roswitha N.2009. Mendisiplin anak dengan Cerita, Jakarta:Andi.

Suharsimi Arikunto, 2006. Prosesdur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek (edisiRevisi VII)Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono,2008.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, kualitatifR & D,Bandung: Alfabeta

Thomas Lickona, 2013. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik, Bandung: Nusa Media.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-28

Cara Mengutip

isjulianti. (2023). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini di TK Andalusia Kota Parepare. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 2(1), 95–112. https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i1.35

Terbitan

Bagian

Artikel