Analisis Tingkat Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sinjai Kelas XI IPA Kabupaten Sinjai

Penulis

  • Andi Baso Husain Program Studi Pendidikan Jasmani, FKIP UNIMERZ

DOI:

https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i1.45

Kata Kunci:

Motivasi, Belajar, Intrinsik, Ekstrinsik

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kabupaten Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah sasaran penelitian secara umum. Semua siswa IPA kelas XI  Sebanyak 100 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kabupaten Sinjai memiliki motivasi intrinsik tinggi sebanyak 69 siswa atau (69,0%), sedangkan siswa dengan motivasi intrinsik rendah terdiri dari 31 siswa atau (31,0%) lulus. . (2) Siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sinjain memiliki motivasi ekstrinsik tinggi sebanyak 56 siswa (56,0%) sedangkan siswa dengan motivasi ekstrinsik sebanyak 44 siswa (44,0). Dari sini dapat disimpulkan bahwa rata-rata motivasi internal dan motivasi eksternal siswa IPA XI. Kelas tertinggi di SMA Negeri 2 Sinjai.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abbas, Y. (2013). Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Kompetensi Dan Kinerja Guru. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 10(1), 61. https://doi.org/10.26555/humanitas.v10i1.329

Andi Achmad , I., Saputra Tanjung, H., Aloysius Nay, F., & charter atty, jimmy. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Politik Sebagai Program Pendidikan Nonformal Study Kasus Di Partai Keadilan Sejahtera. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 1(1), 27–38. https://doi.org/10.161985/jesfa.v1i1.8

Aenon, N., Iskandar, I., & Rejeki, H. S. (2020). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(2), 149. https://doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42965

Agustan, B., & Rojikin, M. (2021). Mental Imagery: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Physical Activity Journal, 3(1), 91. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.3.1.4902

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Bandi, A. M. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan JAsmani Indonesia, 8(1), 1–9.

Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua, perilaku guru, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.15246

Heryanto, A. R., & Sudijandoko, A. (2019). Survei Kondisi Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa Kelas V SDN Kolpajung 2 Pamekasan. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(2), 213–218.

Heynoek, F. P., Kurniawan, R., & Bakti, F. R. F. K. (2020). Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 82–90. http://journal2.um.ac.id/index.php/jpj

Hidayat, R., & Riswanto, A. H. (2021). Survei Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal Di Sman 3 Palopo. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 5(2), 93–99. https://doi.org/10.37058/sport.v5i2.2989

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67

Lestari, S. F., Muslihin, H. Y., & Suryana, Y. (2019). Motivasi Siswa Sekolah Dasar Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga Ditinjau dari Motif Berprestasi. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 100–106. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22106

Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.

Romadhoni, E., Wiharna, O., & Mubarak, I. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 228–234.

Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smpn 30 Makassar. Kinestetik, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347

Sunadi, L. (2010). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Ips Di Sma Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1–19.

Zaccone, M. C., & Pedrini, M. (2019). The effects of intrinsic and extrinsic motivation on students learning effectiveness. Exploring the moderating role of gender. International Journal of Educational Management, 33(6), 1381–1394. https://doi.org/10.1108/IJEM-03-2019-0099

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-28

Cara Mengutip

Husain, A. B. (2023). Analisis Tingkat Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sinjai Kelas XI IPA Kabupaten Sinjai. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 2(1), 143–155. https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i1.45

Terbitan

Bagian

Artikel