Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik Di SMAS Santo Petrus Kewapante

Penulis

  • Maria Ifani IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Petrus Kpalet IKIP Muhammadiyah Maumere
  • Gisela Nuwa IKIP Muhammadiyah Maumere

DOI:

https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i2.71

Kata Kunci:

Peran Guru, Karakter

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter siswa di SMAS ST. Petrus Kewapante. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah, Guru PKN dan Guru BP   SMAS ST. Petrus Kewapante. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa:”Guru sebagai pendidik harus bertanggungjawab kepada peserta didik dalam mengerjakan tugas, dan menjadi suriteladan bagi peserta didiknya. Guru sebagai pendidik terus melakukan upaya agar siswa mendapatkan apa yang mereka inginkan agar siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Guru sering memberikan pembinaan dan pendekatan kepada siswa. Guru terus memberikan motivasi untuk siswa terus bangkit, serta upaya yang lain seperti guru memberikan teguran, sanksi, peringatan serta memberikan masukan dan evaluasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abin, Syamsuddin Makmun. 2017. Psikologi Kependidikan Perangkat Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Agus Wibowo. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berpradaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2023). Kurikulum Operasional Merdeka Belajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. PROSIDING IDEAS PUBLISHING.

Fadila Zaqiatul. 2020. Peran guru kelas dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Pinang Jaya. Bandar Lampung: Skripsi.

Jhuji, “Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan”, Jurnal Pendidikan, vol.10No 1 (2016)

Kurniawan, syamsul. 2017. Pendidikan karakter:Konsepsi& Implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, dan masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ma,arif A. Muhammad. 2018. Analisis strategi pendidikan karaktermelalui hukuman preventif. Ta,allum: Jurnal pendidikan islam.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosdakarya.

Ngalim Purwanto (2018) Guru adalah orang yang memberikan suatu ilmu atau kepandaian tertentu kepada seorang atau kelompok orang, sedangkan guru sebagai pendidik adalah seorang yang berjasa terhadap masyarakat dan negara.

Serang Yuana Mardi. 2019. Pengertian guru:definisi, tugas, dan peran guru dalam pendidikan. Smamyserang.

Syafruddin. 2012. Inovasi pendidikan suatu anlisis terhadap kebijakan baru pendidikan.

Syamsul Kurniawan. 2014. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz media.

Syam, Zaqiyatul Fadillah. Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pinang Jaya Kecamatan Kemiling Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021. SKRIPSI. Lampung, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Ifani, M., Kpalet, P. ., & Nuwa, G. . (2023). Peran Guru Dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik Di SMAS Santo Petrus Kewapante. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 2(2), 165–173. https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i2.71

Terbitan

Bagian

Artikel