Implementasi Muatan Lokal Pada Pembelajaran Program Paket C Di PKBM Siatuo
DOI:
https://doi.org/10.161985/jesfa.v3i2.96Kata Kunci:
Muatan Lokal, Pembelajaran Paket C, Keterampilan Soft SkillAbstrak
Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Muatan Lokal Pada pembelajaran Program Paket C di PKBM Siatuo Kel. Palampang, Kec. Rilau Ale, Kab. Bulukumba. Penelitian ini berfokus pada peningkatan soft skill warga belajar dengan adanya implementasi muatan lokal yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar dengan melihat dari segi metode, proses pelaksanaan hingga hasil akhir dari implementasi muatan lokal pada program paket C di PKBM Siatuo. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Impelementasi Muatan Lokal Pada pembelajaran Program paket C di PKBM Siatuo Kel. Palampang, Kec. Rilau Ale, Kab. Bulukumba. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penatikan kesimpilan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa impelemntasi muatan lokal pada pembelajaran program paket C di PKBM Siatuo Kel. Palampang, Kec. Rilau Ale, Kab. Bulukumba memberikan dampak bagi warga belajar dan telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan warga belajar. Hal ini didasari dari indikator keterampilan soft skill melalui kegiatan pembelajaran muatan lokal berupa pembuatan bossara dan respon warga belajar yang telah mengikuti pembelajaran sejalan dengan indikator keterampilan soft skill tersebut.
Unduhan
Referensi
Adawiah, R. (2013). Peranan Pengelola Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kesetaraan Paket B di SKB Kota Banjarmasin.
Astuti, DP, Muslim, A., & Bramasta, D. (2020). Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sd Negeri Jambu 01. Jurnal Wahana Pendidikan , 7 (2), 185-192.
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
Achmad, I. A., Akbar, F., Mawar, M., & Hasdiansyah, A. (2024). Pelatihan Pembuatan Gula Semut terhadap Kelompok Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Arabika. Madaniya, 5(4), 1589-1594.
Achmad, I. A., Hasdiansyah, A., & Ashadi, A. (2024). INTERVENSI SENSITIF; PENDIDIKAN, PEMBERDAYAAN, DAN PANANGGULANGAN KEMISKINAN TERHADAP PENCEGAHAN STUNTING. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 11(1), 97-116.
DEPDIKNAS (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DEPDIKNAS.
Desmawati, L., Suminar, T., & Budiartati, E. (2017). Penerapan Model
Pendidikan Kecakapan Hidup pada Program Pendidikan Kesetaraan di
Kota Semarang. Edukasi, 2(1).
Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
E. Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 9 (2), 920-935.
Kabibah, N. (2018). IMPLEMENTASI KURIKULUM MUATAN LOKAL KEAGAMAAAN DI MA HASAN MUCHYI KAPUREJO (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldan?a, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Los Angeles: Sage.
Moleong, Lexy. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Muharatun, K. A. K. (2012). Evaluasi Pelaksanaan Muatan Lokal Keterampilan di SMP Negeri 15 Yogyakarta. S1 thesis. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Nana Sudjana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: RemajaRosdakarya.
Nengsih, Y. K., Sari, A., & Helmi, H. (2018). Pengelolaan pembelajaran program paket C pada pusat kegiatan belajar masyarakat dan sanggar kegiatan belajar di Kota Palembang. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 51-60
Pemerintah Indonesia. (2014). Permendikbud No. 79 Tahun 2014 Tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013. Jakarta
Pupuh Fathurrohman & M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajarmelalui Penanaman Konsep Umum dan Islami (Bandung: Rafika Aditama, 2007). hlm 56.
Romadoni, P. T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Discovery-Inquiry Dalam Pembelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas Xi Tkr B Smk Muhammadiyah 4 Klaten. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Safitri, A. (2020). Peranan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Dalam Masyarakat Di Desa Bonde Kec. Cam Palagian Kab. Polewali Mandar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Salman, M. A., & Tohani, E. (2019). Pemberdayaan masyarakat kawasan industri pertambangan melalui penyelenggaraan program paket C. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 100-110.
Sapriyah, S. (2019, Mei). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 470-477).
Segoro, B., Sapto, A., & Yuniastuti, Y. (2019). Buku Ajar Tematik Berbasis Muatan Lokal untuk Kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Sidauruk, T. (2016). Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills Mahasiswa Melalui Project-Based Learning Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Geografi. Jurnal Geografi, 8(2), 124-135.
Sudjana, Nana. (2010). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutarto, J. (2016). Determinan Mutu Proses dan Hasil Pembelajaran Pendidikan
Kesetaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(3).
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. FTK Ar-Raniry Press
Zaifullah, Z., Cikka, H., Kahar, M. I., Ismail, M. J., & Iskadar, I. (2023). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Nonformal di Era Society 5.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14539-14549.
Masda, M., Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2024). Pembinaan Narapidana Melalui Pelatihan Life Skill; Upaya Peningkatan Keterampilan Warga Binaan. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 3(1), 88-98.
Achmad, I. A. (2015). Pola penyelenggaraan sekolah rumah sebagai lembaga pendidikan luar sekolah (studi kasus di Sekolah Dolan Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Amalia, S. R., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(2), 44-59.
Yusram, S., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2024). Kontribusi Perseroan Terbatas Lonsum Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Komunal. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 3(1), 133-146.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.