Pemberdayaan Perempuan Melalui UMKM Usaha Barakka’ di Desa Salassae Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba
DOI:
https://doi.org/10.161985/jesfa.v3i2.99Kata Kunci:
Pemberdayaan Perempuan, UMKMAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan perempuan melalui UMKM usaha Barakka’. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah penggabungan sumber data dengan sumber data lain. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui UMKM usaha barakka’ lima puluh persen sudah berjalan dengan baik. selain itu, pemberdayaan tersebut juga memberikan dampak pada peningkatan pengetahuan masyarakat dengan adanya proses penyadaran dan proses perlindungan yang diberikan kepada perempuan yang terlibat dalam proses pemberdayaan tersebut. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Sulaiman Asang (2021) bahwa menggali potensi dalam pemberdayaan merupakan kebutuhan fisik untuk meningkatkan kualitas diri, potensi menekan pada proses peningkatan kemampuan, mendorong untuk dapat menentukan pilihan hidup memandirikan dan menyatarakan kaum perempuan (gender).
Unduhan
Referensi
Amin, F (2019) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Kue Kembang Goyang oleh Kelompok Usaha Bersama (Kube) Lentera di Kelurahan Lenteng Agung Jakarta Selatan.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2005),Edisi Ke-3, h. 1254
Darmanto. 2017. Usaha Mikro, Kecil dan Menegah. Yogyakarta : Pendidikan Deepublish http://www.scribd.com/document/331940704/BAB-1-Pengertian-dan-ruang-lingkup- UMKM
Haryanti, S. (2020). Pemberdayaan Perempuan Pemgrajin Pattapi di Desa Polewali, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 2015. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menegah.(UMKM),Jakarta: Bank Indonesi. Hal.12-15
Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia, 2015. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menegah.(UMKM),Jakarta: Bank Indonesi. Hal.16-19
Mayanfa’uni, A. (2016). Pemberdayaan Perempuan Melalui Kelompok Wanita tani Cempaka di RW 02 Kelurahan Petukangan Selatan.
Miran. (2010). “Segregasi dan Kemiskinan” dalam Secercah Cahaya Menuju Kesejahteraan Perempuan (Sebuah Kajian). Kementrian Sosial RI Direktorat Jendral Pemberdayaan Sosial Direktorat Pemberdayaan Keluarga.
Mulyana, N,. dan Asiah, D. H. S. (2017). Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Keluarga Berencana. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 93. https://doi.org/10.24198/jppm.v4il.14216
Trisnawati dan Jatiningsih. (2017). Strategi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Pemberdayaan Perempuan di Kelurahan Sukorame Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 05(03), 486
Tsaniatu Zakia. (2021). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Kain Perca Sebagai Aksesoris Melalui Media Youtube di LSM Bening Saguling. Jurnal Comm-Edu,4.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menegah.Jakarta: Kementrian Hukum dan HAM.
Vina Septiana, 2016. Hukum sebagai pelindung UMKM dan pertumbuhan UMKM.
Tambunan, T 2017. Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (Bogor: Ghalia Indonesia), hal 5-14.
Mohammad Hanif, 2016. Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM) di Indonesia. Jakarta. Hal.
-11
Tulus T.H Tambunan. 2017. Usaha Mikro, Kecil dan Menegah. Bogor: Ghalia Indonesia
Sugiyono, Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif dan R&D(Bandung):Alfabet, 2010), h.312
Achmad, I. A., Akbar, F., Mawar, M., & Hasdiansyah, A. (2024). Pelatihan Pembuatan Gula Semut terhadap Kelompok Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Arabika. Madaniya, 5(4), 1589-1594.
Achmad, I. A., Asmas, M. A., & Sukawati, Y. (2024). Evaluasi Program Pendidikan Kecapakan Kerja Pelatihan Otomotif Dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik. Continuing Learning Society Journal, 2(1), 40-58.
Achmad, I. A., Hasdiansyah, A., & Ashadi, A. (2024). INTERVENSI SENSITIF; PENDIDIKAN, PEMBERDAYAAN, DAN PANANGGULANGAN KEMISKINAN TERHADAP PENCEGAHAN STUNTING. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 11(1), 97-116.
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
Amalia, S. R., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(2), 44-59.
Yusram, S., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2024). Kontribusi Perseroan Terbatas Lonsum Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Komunal. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 3(1), 133-146.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.