Pengaruh Game Online (Higgs Domino Island) Terhadap Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bulukumba

Penulis

  • Mujaddid Mujaddid Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Fauzan Akbar Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Bulukumba

DOI:

https://doi.org/10.56959/jesfa.v4i1.115

Kata Kunci:

Game Online, Mahasiswa, Higgs Domino Island

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh game online (Higgs Domino Island) terhadap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Game online telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan mahasiswa, terutama dengan perkembangan teknologi yang memungkinkan akses mudah melalui smartphone. Permainan Higgs Domino Island yang awalnya merupakan permainan tradisional, kini telah berevolusi menjadi permainan yang menawarkan potensi keuntungan finansial melalui fitur permainan slot. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mengumpulkan data dari mahasiswa yang aktif bermain Higgs Domino Island. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi negatif antara durasi bermain game dan aktivitas akademik mahasiswa. Semakin lama waktu yang dihabiskan untuk bermain game, semakin berkurang kehadiran dan konsentrasi mahasiswa dalam perkuliahan. Kesimpulannya, meskipun game online seperti Higgs Domino Island dapat menjadi sarana hiburan dan bahkan sumber pendapatan, penggunaannya yang berlebihan dapat berdampak negatif terhadap keseharian dan tanggung jawab akademik mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andrean, K. P. (2022). Pengaruh Kecanduan Game Online Peserta Didik Sma Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Di Sma Negeri 01 Abung Barat Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Ayu, S. (2018). Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA di Kota Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Aryani, F. (2016). Stres Belajar" Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling".

Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.

Amalia, S. R., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(2), 44-59.

Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2025). Transformasi Karakter Anak Usia Dini lewat Pendidikan Nonformal di RTQ Al-Muwaffaq Kabupaten Bulukumba. Jurnal Kajian Pendidikan dan Cakrawala Pembelajaran, 1(2), 13-31.

Handoko, Y., Wijaya, H. A., & Lestari, A. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Khoiriyah, S. (2019). Dampak Game Onlineterhadap Perilaku Remaja dalam Pelaksaan Ibadah Sholat Lima Waktu di Desa Rangai Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kuss, D. J., & Griffiths, M. D. (2012). Internet Gaming Addiction: A Systematic Review of Empirical Research. International Journal of Mental Health and Addiction, 10(2), 278–296.

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.

Purwani, D. A. (2021). Pemberdayaan era digital. Bursa Ilmu.

Purnomo, R. F., Purbo, O. W., & Aziz, R. A. (2021). Firebase: Membangun Aplikasi Berbasis Android. Penerbit Andi.

Ramadhani, P., & Syukur, A. (2021). Unsur Pidana Dalam Game Online HIGGS Domino Yang Chip/Koin Di Perjual Belikan Di Tinjau Dari Perspektif Hukum Pidana Islam Dan Hukum Positif. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 4(2), 331-341.

Ramdhani, N., Wimbarti, S., & Susetyo, Y. F. (2018). Psikologi untuk Indonesia tangguh dan bahagia. UGM PRESS.

Rahman, A. (2019). Dampak Game Online Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Makassar.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh game online terhadap remaja. Jurnal Curere, 1(1).

Supratama, R., Elsera, M., & Solina, E. (2022). Fenomena judi online higgs domino dikalangan mahasiswa pada masa pandemi covid-19 di Kota Tanjungpinang. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 5(3), 297-311.

Sari, M. (2020). Hubungan Antara Kecanduan Game Online dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Setiawati, Y., Fithriyah, I., & KJ, S. (2020). Deteksi dini dan penanganan kecanduan gawai pada anak. Airlangga University Press.

Saekoko, A. N., Nyoko, A. E., & Fanggidae, R. P. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian smartphone xiaomi (studi kasus pada mahasiswa pengguna smartphone xiaomi di universitas nusa cendana). Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 11(1), 49-64.

Wahyuni, L. (2021). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Kedisiplinan dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Universitas Hasanuddin.

Zulkifli, H. (2022). Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik di Universitas Sulawesi Selatan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-25

Cara Mengutip

Mujaddid, M., & Akbar, F. (2025). Pengaruh Game Online (Higgs Domino Island) Terhadap Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 4(1), 87–95. https://doi.org/10.56959/jesfa.v4i1.115

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama