Inovasi Fitur Pembelajaran Dalam Learning Management System Bagi Mahasiswa Slow Learner
Kata Kunci:
Inovasi Fitur; Pembelajaran LMS; Mahasiswa Slow Learner.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan inovasi pembelajaran melalui video pembelajaran pada mahasiswa slow learning pada mahasiswa Pendidikan Non Formal Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, subjek yang diambil adalah mahasiswa prodi PNF yang berkategori Slow learning (SL). Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan inovasi pembelajaran melalui video pembelajaran sangat membantu mahasiswa SL dalam proses menerima materi pembelajaran, dengan adanya video pembelajaran ini mahasiswa SL dapat mengulang materi yang telah diberikan dengan mendownload materi yang diakses melalui spada PNF UM Bulukumba. Selain itu dengan adanya inovasi pemebelajaran ini proses belajar mengajar dapat dilaksanakan dimanapun, sehingga dapat meningkatkan pemahaman materi terhadap mahasiswa SL.
Unduhan
Referensi
Udin Syaefudin Sa?ud, Inovasi Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2012)
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2003. Pskologi Belajar (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Kompetensi Profesional Pamong Belajar dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar. Continuing Learning Society Journal, 1(1), 1-20.
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Kompetensi Profesional Pamong Belajar dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran di Sanggar Kegiatan Belajar. Continuing Learning Society Journal, 1(1), 1-20.
Djamarah, S. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Dalam S. B. Djamarah, Strategi Belajar Mengajar (hal. 124-125). Jakarta: Renika Cipta.
Abdullah Nandiyah. Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Fakultas Psikologi Unwadha Klaten. Magistra No. 86 Th. Xxv Desember 2013.
E., Kosasih. 2012. Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : Yrama Widya.
Wijaya, Cece. 2010. Pendidikan Remidial. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Reddy, Lokanadha G. 2006. Slow Learners Their Psychology And Instruction. Discovery Publishing House.
Hasdiansyah, A. H., Sriyanti, S. M., Mughaffir, M. Y., Ihwan, I. R., Andi Aris, A. A. M., & Ilmar A, I. A. A. (2023). Pemberdayaan Petani Kopi Melalui Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Kopi Kayu Manis di UMKM Rizki Amalia. Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat, 7(3), 81-84.
Jumroh, S. F. A., & Rumaf, N. (2021). E-learning as an innovation model for disabilities (defective vision). INTERACTION: Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 148-154.
Bryant, D. P., & Bryant, B. R. (1998). Using assistive technology adaptations to include students with learning disabilities in cooperative learning activities. Journal of learning disabilities, 31(1), 41-54.
Jailani, M., Putra, C. A., Riadin, A., & Setiawan, M. A. (2022). Learning Innovation and Assistive Technology for Students with Special Needs in Higher Education. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1725-1729.
Gumartifa, A., Syahri, I., Siroj, R. A., Nurrahmi, M., & Yusof, N. (2023). Perception of Teachers Regarding Problem-Based Learning and Traditional Method in the Classroom Learning Innovation Process. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 5(2), 151-166.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Education Sciences: Fondation & Application
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.