Pembelajaran Informal Warga Binaan Pemasyarakatan (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang)

Penulis

  • Novita Puspa Sari Program Studi Pendidikan Nonformal, FKIP UMB
  • Ilmar Andi Achmad Program Studi Pendidikan Nonformal, FKIP UMB

DOI:

https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i1.36

Kata Kunci:

Warga Binaan Pemasyarakatan

Abstrak

Penelitian studi kasus ini dilatarbelakangi oleh perilaku warga binaan pemasyarakatan di lembaga pemasyarakatan yang terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan, contoh kasus warga binaan pemasyarakatan yang keluar masuk (residivis) lembaga pemasyarakatan dengan melakukan tindakan kriminal lagi. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana warga binaan pemasyarakatan belajar secara informal di dalam lembaga pemasyarakatan Kelas IA Lowokwaru Malang. Fokus penelitian ini ialah bagaimana proses pembelajaran informal yang dialami WBP di lembaga pemasyarakatan kelas I Malang. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Kasus yang diteliti adalah proses pembelajaran informal warga binaan pemasyarakatan di lembaga pemasyarakatan Lowokwaru kota Malang. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada beberapa informan sesuai dengan fokus penelitian. Untuk mengecek keabsahan pernyataan informan dilakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran informal di lembaga pemasyarakatan Lowokwaru Malang dilakukan melalui pengaturan lingkungan, kedisiplinan, pergaulan sehari-hari dan pembiasaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Axinn, George H. 1974. Toward a strategy of International Interaction in Nonformal Education. East Lansing:Michigan State University.

Achmad, Ilmar A. (2015) Pola penyelenggaraan sekolah rumah sebagai lembaga pendidikan luar sekolah (studi kasus di Sekolah Dolan Malang) / Ilmar A. Achmad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.

Basleman, A & Mappa, S. 2011. Teori Belajar Orang Dewasa. Bandung: Remaja Rosdakarya

Boghdan, Robert. C., Steven, I Taylor. 1975. Introduction to Qualitative Research Method. New York, London, Sidney:John Willey dan Sons.

Combs, Arthur. W. 1984. The Profesional Education oF Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.

Gagne, Robert. M. 1974. Essentials of Learning for Instruction. Dyden Press

Schunk, Dale, H. 2012. Learning Theories: An educational Perspective; Teor-teori Pembelajaran:Perspektif pendidikan. Edisi keenam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sitiativa.wordpress.com. ciri-ciri pendidikan informal.(diakses tanggal 5 April 2014).

http://nasional.kompas.com/read//2014/04/05/1235299/wakil.ketua.KPK.Lapas.tempat.Sempurna.Melakukan.Kejahatan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-28

Cara Mengutip

sari, novita, & Achmad, I. A. (2023). Pembelajaran Informal Warga Binaan Pemasyarakatan (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang). Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 2(1), 62–81. https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i1.36

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama