Pembinaan Narapidana Melalui Pelatihan Life Skill; Upaya Peningkatan Keterampilan Warga Binaan

Penulis

  • Mirda Masda Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Ilmar Andi Achmad Universitas Muhammadiyah Bulukumba
  • Muhammad Athar Asmas Universitas Muhammadiyah Bulukumba

Kata Kunci:

Pembinaan Narapidana, Tata Boga, Peningkatan Keterampilan

Abstrak

Penelitian ini dilaksaakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Bulukumba. Masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pembinaan narapidana melalui kegiatan keterampilan tata boga (roti dan kue) dalam upaya peningkatan keterampilan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bulukumba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembinaan narapidana melalui kegiatan keterampilan tata boga (roti dan kue) dalam upaya peningkatan keterampilan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bulukumba. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Informan penelitian ini sebanyak 3 orang termasuk di antaranya 1 orang pegawai Lembaga Pemasyarakatan dan 2 orang narapidana. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan keterampilan tata boga (roti dan kue) dalam upaya peningkatan keterampilan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bulukumba memberikan dampak positif bagi narapidana dan telah terbukti membantu narapidana dalam upaya peningkatan keterampilan. Hal ini di dasari dari indikator peningkatan keterampilan narapidana melalui kegiatan keterampilan tata boga dan respon narapidana yang telah mengikuti pembinaan sejalan dengan indikator peningkatan tersebut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asrori. (2020). Psikologi pendidikan pendekatan multidisipliner. Banyumas: Pena Persada.

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Mangunhardjana, A.M., (1986). Pembinaan Arti Dan Metodenya. Yogyakarta: Kanisius.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualiatif (Edisi Ke-Tiga, Cetakan Ke-Lima). Bandung: CV.Alfabeta.

Sunarsih. (2008). Wawasan Guru Tentang Belajar Pembelajaran Tata Boga Sebagai Dasar Acuan Dalam Pelaksanaan Peran dan Tugasnya.

Undang-Undang Republik IndonesiaNomor 22 Tahun 2022Tentang Pemasyarakatan https://bpk.go.id/

Achmad, I. A. (2023). Pembelajaran Informal Warga Binaan Pemasyarakatan (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang). Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(1), 62-81.

Tanjung, H. S., Nay, F. A., & Achmad, I. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(1), 131-142.

Achmad, I. A., Asmas, M. A., & Arib, Y. Basic Literacy Implementation Model Through the Involvement of Religious Leaders. Lifelong Education Journal, 2(1), 11-18.

Amalia, S. R., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(2), 44-59.

Cahyo, A. M. N., & Sulchan, A. (2020). Coaching Process Of Prisoners In Correctional Institution Class I Kedungpane Semarang Viewed From Act No 12 Of 1995 On Concerning The Correctional Institution. Jurnal Daulat Hukum, 3(1), 1-8.

Equatora, M. A., & Rahayu, M. (2018). The Effectiveness of Self-reliance Coaching of Prisoners at Wirogunan Correctional Institutions in Yogyakarta. In Proceedings of the Borneo International Conference on Education and Social Sciences (pp. 158-163).

Panjaitan, R. P., & Zarzani, T. R. (2023). Implementation Of Coaching For Prisoners Who Abuse Narcotics As An Effort To Prevent Criminal Offenses (Case Study Of Class Ii Langkat Narcotics Correctional Institution). LAWYER: Jurnal Hukum, 1(2), 90-100.

Equatora, M. A. (2018). Efektivitas Pembinaan Kemandirian Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Wirogunan Yogyakarta. EMPATI: Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 7(1), 19-26.

Bramandita, R., & Prastiwi, D. E. (2023). Efektivitas Peran Lembaga Pemasyarakatan Maximum Security dalam Upaya Pembinaan Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Kelas Iia Gunung Sindur. Journal on Education, 5(4), 16184-16197.

Irfansyah, A. N., & Subroto, M. (2023). Metode Pembinaan Dan Perlakuan Khusus Terhadap Narapidana Lanjut Usia Guna Meningkatkan Kesejahteraan Dan Kesehatan Di Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 9(2), 221-229.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-14

Cara Mengutip

Masda, M., Ilmar Andi Achmad, & Muhammad Athar Asmas. (2024). Pembinaan Narapidana Melalui Pelatihan Life Skill; Upaya Peningkatan Keterampilan Warga Binaan. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 3(1), 88–98. Diambil dari https://jesfa.umbulukumba.ac.id/index.php/jesfa/article/view/87

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama