Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Jawa

Penulis

  • Devi Candra Nindiya PAI Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Dessy Farantika PAI Universitas Nahdatul Ulama Blitar
  • Maulinda Sulistyani Sanjaya PAI Universitas Nahdatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i2.56

Kata Kunci:

Pengembangan Karakter, Anak Usia Dini, Permainan Tradisional

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual inovatif program pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan karakter melalui permainan tradisional Jawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Dua kategori subjek digunakan untuk penelitian ini. Subyek langsung terdiri dari anak usia 2 – 4 tahun. Subyek tidak langsung terdiri dari guru dan materi. Subyek ini diambil dengan cara purposive random sampling. Data yang dibutuhkan dikumpulkan dengan cara wawancara dan membaca literatur. Analisis menunjukkan bahwa subyek yang terdiri dari siswa dan guru sangat antusias memainkan permainan tradisional tersebut. Permainan tradisional ini memiliki aturan yang sederhana, mudah diterapkan terutama untuk balita. Selain itu, permainan tradisional tersebut memiliki nilai moral untuk membentuk karakter balita. Model ini terbukti efektif membangun karakter balita dengan sukses. Guru aktif meninjau hasil belajar anak dan memberikan masukan yang berguna untuk pengembangan lebih lanjut bagi mereka. Secara umum dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model ini telah menghasilkan peningkatan karakter balita yang ditunjukkan dengan kualitas diri. Oleh karena itu, disarankan agar sosialisasi model ini tidak hanya dilakukan oleh sekolah saja, tetapi juga masyarakat terutama keluarga.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Borg, W.R. and Gall, M.D. (1983). Educational Re- search: An Introduction. New York: Longman.

Dharmamulya, S. et al. (1992). Transformasi Nilai Bu- daya Melalui Permainan Anak DIY. Yogyakarta: Proyek P2NB.

Lewis, B. A. (2004). Character Building untuk Anak-anak. Batam: Karisma Publishing Group.

Lexmond, J. & Reeves, R. (2009). Building Character. London : Lecturis, Eindhoven.

Lickona, T. (1987). Moral stages and moralization: The Cognitive Development Approach. New York: HOH, Reehart & Winston.

Tanjung, H. S., Nay, F. A., & Achmad, I. A. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga.

Milson, A.J. & Mehlig, L.M (2002). Elementary school teachers’s sense of efficacy for charac- ter education. Journal of Educational Research, 96(1), 47-54.

Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwaningsih, E. (2006). Permainan Tradisional Anak: Salah Satu Khasanah Budaya yang Perlu Dilestarikan. Jantra, 1 (1), 40-46.

Tim Penyusun Kamus PPPB. (1995). Kamus Besar Ba- hasa Indonesia. Edisi II. Jakarta: Balai Pustaka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Nindiya, D. C., Dessy Farantika, & Maulinda Sulistyani Sanjaya. (2023). Pengembangan Karakter Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Jawa. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 2(2), 31–43. https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i2.56

Terbitan

Bagian

Artikel