Pemberdayaan Masyarakat Melalui Usaha Pemasaran Kopi Kahayya Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Desa Kahayya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba
DOI:
https://doi.org/10.161985/jesfa.v3i2.101Kata Kunci:
Pemberdayaan, Pemasaran, Kopi Kahayya, Peningkatan PendapatanAbstrak
Tujuan Penelitian ini adalah mengkaji proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui Usaha kopi kahayya di Desa Kahayya Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan desktiptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan cara pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi mengenai Pemberdayaan Masyarakat Melalui Usaha Pemasaran Kopi Kahayya Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Desa Kahayya Kec. Kindang Kabupaten Bulukumba, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa Pemasaran kopi Kahayya baik secara online maupun offline sangat berperan penting dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Kahayya.
Unduhan
Referensi
Alsop,R.,Bertelsen, M. F., & Holland, J. (2006). "Empowerment in Practice:/1From Analysis to Implementation."
Banerjee, A. V., & Duflo, E. (2019). "Good Economics for Hard Times."
Achmad, I. A., Akbar, F., Mawar, M., & Hasdiansyah, A. (2024). Pelatihan Pembuatan Gula Semut terhadap Kelompok Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Arabika. Madaniya, 5(4), 1589-1594.
Achmad, I. A., Asmas, M. A., & Sukawati, Y. (2024). Evaluasi Program Pendidikan Kecapakan Kerja Pelatihan Otomotif Dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik. Continuing Learning Society Journal, 2(1), 40-58.
Achmad, I. A., Hasdiansyah, A., & Ashadi, A. (2024). INTERVENSI SENSITIF; PENDIDIKAN, PEMBERDAYAAN, DAN PANANGGULANGAN KEMISKINAN TERHADAP PENCEGAHAN STUNTING. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 11(1), 97-116.
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
Amalia, S. R., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(2), 44-59.
Djhani. (2003). Pemberdayaan Masyarakat: Konsep, Teori, dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Duflo, E. (2012). "Women's Empowerment and Economic Development."/1Journal of Economic Literature, 50(4), 1051-1079.
Ghani, E., Kerr, W. R., & O'Connell, S. D. (2014). "Political Reservations and Women’s Entrepreneurship in India."
Haris, A. (2014). Memahami Pendekatan Pemberdayaan Masyarakat. Jupiter, 13(2).
Ife, J. (1995). Community Development: Creating Community Alternatives – Vision, Analysis and Practice. Longman Cheshire.
Ikatan Akuntansi Indonesia. (2019). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas (SAK ETAP).
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Daring, 2016) https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip Pemasaran (Edisi ke-16). Pearson.
Lestari Oktaviani, T. (2019). Pengaruh Program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera Terhadap Peningkatan Ekonomi Keluarga (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Mansurdaru, G., & Istoto, S. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Pendapatan Usaha Kecil. "Journal of Business and Finance," 4(1), 32-42.
Moleong, Metodologi., 177. Ibid., 91.
Masda, M., Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2024). Pembinaan Narapidana Melalui Pelatihan Life Skill; Upaya Peningkatan Keterampilan Warga Binaan. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 3(1), 88-98.
Narayan, D. (2002). "Empowerment and Poverty Reduction: A Sourcebook."
Parsons, D. (1994). Empowerment: Purpose and Practice Principle. "Partnerships for Service," 5(1), 48-49.
Pranarka, S., & Muljarto, T. A. (1996). Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Mandar Maju.
Rappaport,J.(1984).Studies in Empowerment: Introduction to the Issue. "Prevention in Human Services," 3(2-3), 1-7.
Rostow, W. W. (1960). "The Stages of Economic Growth: A Non-Communist Manifesto."
Sachs, J. D. (2005). "The End of Poverty: Economic Possibilities for Our Time."
Sedjati, B. (2018). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pendapatan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. "Economics Development Analysis Journal," 7(2), 125-135. Sen, A. (1999). "Development as Freedom."
Suharto. (2010).Pemberdayaan Masyarakat: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Yuliartati B.K., Syida A., Dr.Nikous S.S., Mutinda T.W., &/Diana W.R (2022).
Yusram, S., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2024). Kontribusi Perseroan Terbatas Lonsum Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Komunal. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 3(1), 133-146.
Kewirausahaan 55-56 .Purwokerto Selatan: Pena Persada.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.