Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Interaksi Sosial Peserta didik di Sekolah Dasar

Penulis

  • Erwin Eka Saputra Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sulawesi Tenggara
  • La Sisi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sulawesi Tenggara
  • Muh Deni Pratama Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sulawesi Tenggara
  • Jusman Program Studi Teknologi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.161985/jesfa.v3i2.103

Kata Kunci:

Kecerdasan Emosional, Interaksi Sosial, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Interaksi Sosial Siswa di Sekolah Dasar. Populasi penelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas V SD Negeri 109 Lengora Pantai dan sampel di penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 109 Lengora Pantai sebanyak 14 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan Angket dan kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan perhitungan diperoleh harga Fhitung (1,160) > Ftabel (0,114). Oleh karena itu harga Fhitung lebih besar dari Ftabel maka artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap interaksi sosial. Hasil ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dapat dijadikan upaya meningkatkan interaksi sosial siswa kelas V SD.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azhary, D. A., Suhendar, S., & Nuranti, G. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning Berbasis Literasi Digital terhadap Kecerdasan Emosional Siswa. Biodik, 7(2), 1–10. https://doi.org/10.22437/bio.v7i2.12820

Bariyyah, K & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosi SiswaDitinjaudari Jenis Kelamin dan JenjangKelas. Jurnal PenelitianGuruIndonesia. 4 (2). 68-75.

Ekawati, D., Mahmudi, I., & Wardani, S. Y. (2020). Pengaruh Interaksi Sosial Dan Religiusitas Terhadap Moralitas Siswa Kelas X Bdp Smk Negeri 5 Madiun Tahun 2019/ 2020. Prosiding Snbk (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 4(1), 36–44.

Gardner, Howard. (2006). Changing Minds. New York: Harvard Business School Press.

Indriawati, P. (2018). PengaruhKepercayaan Diri dan KecerdasanEmosional Terhadap Hasil BelajarMahasiswa Universitas Balikpapan. Jurnal Pendidikan Edutama. 5(2). 1-9

Lestari, P dkk. (2019). Tingkat Kecerdasan Emosi Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Konseling Koperhensif. 6 (1). 11-20.

Lopes, Paulo N, Jose M. Mestre, Rocio Guil, Janet Pickard Kremenitzer & Peter Salovey. (2012). “The Role of Knowledge and Skills for Managing Emotions in Adaption to School : Social Behavior and Misconduct in the Classroom”. American Educational Research. Vol.49, pp 710-742.

Nurhidayat, N., Ardiansah, D., & Jamiludin, J. (2023). Merencanakan Penerapan Kesadaran Sosial Bagi Siswa Sma Di Pantai Madasari. Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam, 6(1), 18–23. Https://Doi.Org/10.37567/Syiar.V6i1.2210

Rohanah, L., Mirawati, M., & Anwar, W. S. (2020). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (Jppguseda), 3(2), 139–143. Http://Journal.Unpak.Ac.Id/Index.Php/Jppguseda

Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, Edisi Ke-11.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susilo, Nugraheni, Irma Lusi, Mentari, Ana, Nurhayati. (2021). Analisis Interaksi Sosial Terhadap Perilaku Masyarakat Pasca Konflik Antar Etnik. Jurnal Civic Hukum, 6 (1), Volume 6, Nomor 1, 71-78

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Wijanarko, Jarot. 2017. Maksimalkan Otak Anak Anda. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia.

Zheng, J., Xing, W., Zhu, G., Chen, G., Zhao, H., & Xie, C. (2020). Profiling Self-Regulation Behaviors in STEM Learning of Engineering Design. Computers and Education, 143(August), 103669. https://doi.org/10.10 16/j.compedu.2019.103669

Zumria, S., Suyasa, P. T. Y. S., & Hutapea, B. (2019). Peran Orientasi Kesadaran Sosial Terhadap Karakteristik Dan Reaksi Umpan Balik. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(2), 348. Https://Doi.Org/10.24912/Jmishumsen.V3i2.3574

Achmad, I. A., Akbar, F., Mawar, M., & Hasdiansyah, A. (2024). Pelatihan Pembuatan Gula Semut terhadap Kelompok Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Arabika. Madaniya, 5(4), 1589-1594.

Achmad, I. A., Asmas, M. A., & Sukawati, Y. (2024). Evaluasi Program Pendidikan Kecapakan Kerja Pelatihan Otomotif Dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik. Continuing Learning Society Journal, 2(1), 40-58.

Achmad, I. A., Hasdiansyah, A., & Ashadi, A. (2024). INTERVENSI SENSITIF; PENDIDIKAN, PEMBERDAYAAN, DAN PANANGGULANGAN KEMISKINAN TERHADAP PENCEGAHAN STUNTING. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 11(1), 97-116.

Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.

Amalia, S. R., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(2), 44-59.

Yusram, S., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2024). Kontribusi Perseroan Terbatas Lonsum Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Komunal. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 3(1), 133-146.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Saputra, E. E., La Sisi, Muh Deni Pratama, & Jusman. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Interaksi Sosial Peserta didik di Sekolah Dasar. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 3(2), 70–82. https://doi.org/10.161985/jesfa.v3i2.103

Terbitan

Bagian

Artikel