Peranan Orang Tua Yang Berprofesi Guru Dalam Penerapan Karakter Kepemimpinan Pada Remaja Di Bungung Bambang Kelurahan Bonto Sungguh Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng
DOI:
https://doi.org/10.161985/jesfa.v3i2.94Kata Kunci:
Orang Tua Profesi Guru, Karakter KepemimpinanAbstrak
Penelitian ini di lakukan di Bungung Bambang Kelurahan Bonto Sungguh Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng . Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peranan orang tua yang berprofesi guru dalam penerapan karakter kepemimpinan pada remaja. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif, proses pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian tehnik analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu: Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: Peranan orang tua yang berprofesi guru dalam penerapan karakter kepemimpinan pada remaja di Bungung Bambang Kelurahan Bonto Sungguh Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. 1. Pengetahuan Sifat Kepemimpinan, Kepemimpinan adalah keterampilan internal seseorang dan termasuk karakteristik seperti kepribadia. 2. Upaya Penerapan Sifat Kepemimpinan Pada Remaja, Orang tua perlu implememtasikan sifat kepemimpinan terhadap remaja. 3. Mengajarkan Sifat Kepemimpinan Pada Remaja, Orang tua sangat berperan penting dalam mengajarkan sifat kepemimpinan pada anaknya. 4. Pembagian Waktu Penerapan Sifat Kepemimpinan, Membagi waktu adalah proses pengendalian waktu berdasarkan suatu rangkaian kegiatan yang telah di rencanakan yang kemudian harus dilakukan pengontrolan dalam prosesnya agar maksimal. 5. Bentuk Pembelajaran Sifat Kepemimpinan, Bentuk pembelajaran sifat kepemimpinan oang tua sangatlah berbeda-beda.
Unduhan
Referensi
Auliya, A. N., and L. Arif. 2021. “Peran Dinas Koperas Usaha Mikro Perindustrian Dan Perdagangan Dalam Penangan Dampak Pandemi Covid-19 Pada Usaha Mikro Di Kabupaten Gresik.” Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah Untuk ...8(1):22-31.
Achmad, I. A., Akbar, F., Mawar, M., & Hasdiansyah, A. (2024). Pelatihan Pembuatan Gula Semut terhadap Kelompok Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Arabika. Madaniya, 5(4), 1589-1594.
Achmad, I. A., Asmas, M. A., & Sukawati, Y. (2024). Evaluasi Program Pendidikan Kecapakan Kerja Pelatihan Otomotif Dalam Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik. Continuing Learning Society Journal, 2(1), 40-58.
Achmad, I. A., Hasdiansyah, A., & Ashadi, A. (2024). INTERVENSI SENSITIF; PENDIDIKAN, PEMBERDAYAAN, DAN PANANGGULANGAN KEMISKINAN TERHADAP PENCEGAHAN STUNTING. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 11(1), 97-116.
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
Amalia, S. R., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(2), 44-59.
Yusram, S., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2024). Kontribusi Perseroan Terbatas Lonsum Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Komunal. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 3(1), 133-146.
Tim Penyusun (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.
Tresiana, N. & Djuaji, N. (2017). Kebijakan Publik Teori dan Praktek Model-model Pengelolaan Pembangunan Daerah. Bandar Lampung: Suluh Media.
Budiman, A., & Samani, M. (2021). The Development of Direct-Contextual Learning: A New Model on Higher Education. International Journal of Higher Education, 10(2), 15–26. https://doi.org/doi:10.5430/ijhe.v10n2p15
Novi Fuji Astuti, “pengertian implementasi menurut para ahli” diakses melalui alamathttps://www.merdeka.com/jabar/pengertian-implementasi-menurut-para-ahli-berikut-contoh-rencananya-kln.html tanggal 23 november 2021.,
Auliya, A. N., and L. Arif. 2021. “Peran Dinas Koperas Usaha Mikro Perindustrian Dan Perdagangan Dalam Penangan Dampak Pandemi Covid-19 Pada Usaha Mikro Di Kabupaten Gresik.” Jurnal Reformasi Administrasi: Jurnal Ilmiah Untuk ...8(1):22-31.
Abu. Ahmadi.2014 Ilmu Sosial Dasar. Semarang :Rineka Cipta
Afrizal.2015.Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kulitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Raja Grafindo
Akhmad muhaimin Azzel, Pendidikan Karakter di Indonesia,Jogjakarta, 2014
Ar-ruzz media, Yogyakarta, hal 172-175
Disas, EP (2017). Analisis kebijakan pendidikan mengenai pengembangan dan peningkatan profesi guru. Jurnal Penelitian Pendidikan , 17 (2).hal 41
Irhamni, A. (2019). Pengaruh Profesi Orang Tua Sebagai Guru Terhadap Kelangsungan Pendidikan Anak (Penelitian Di Desa Matang Sijuek Timu Kecamatan Baktiya Barat Kabupaten Aceh Utara). Intelektualita, 5(02)
Kamus Besar Bahasa Indonesiaia Edisi Ketiga Cetakan Kedua. 2015 Jakarta: Balai Pustaka
Kamus Besar Bahasa Indonesia.2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia Depdikbud. Jakarta: Balai Pustaka
Lexy J. Moleong.2013. MetodePenelitiankualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muchlas samani, Konsep dan model pendidikan karakter, Bandung, 2017,
Nasution. 2019. Sosiologi Pendidikan. Jakarta :BumiAksara.
Novan Ardy Wiyani, Pendidikan Karakter berbasis total quality management,
Nurani Soyomukti.2010. Pengantar Sosiologi. Yogyakarta.
Sarlinto W Sarwono. 2010. Psikologi Remaja. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sudaryono. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method Edisi Kedua. Depok : Rajawali Pers
Tabrani ZA. 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Banda Aceh Darussalam : Publishing Tim Penulis
Teuku Ramli Zakaria. 2011. Pendekatan Pendidikan Nilai dan Implementasi Dalam Pendidikan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan dan Kebuyaan
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 pasal 31 ayat (1) Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 7.
Novi Fuji Astuti, “pengertian implementasi menurut para ahli” diakses melalui alamathttps://www.merdeka.com/jabar/pengertian-implementasi-menurut-para-ahli-berikut-contoh-rencananya-kln.html tanggal 23 november 2021.,
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.