Peningkatan Kreativitas Warga Belajar Melalui Pelatihan (Baju Bodo) Di Pkbm Al-Abrar Desa Bontobulaeng, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba
DOI:
https://doi.org/10.161985/jesfa.v3i2.106Kata Kunci:
Kreativitas Warga Belajar, Pelatihan Baju Bodo, PKBMAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak pelatihan baju bodo dalam meningkatkan kreativitas warga belajar di PKBM Al-Abrar, desa Bontobulaeng, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap peserta pelatihan dan fasilitator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan baju bodo berhasil meningkatkan kreativitas warga belajar dalam berbagai aspek, termasuk desain, kerajinan tangan, dan keterampilan sosial. Partisipasi aktif dalam kegiatan ini juga memberikan dampak positif pada rasa percaya diri dan kebersamaan dalam komunitas belajar. Penelitian ini merekomendasikan untuk melanjutkan program pelatihan serupa dan memperluas cakupan pengajaran seni tradisional untuk mendukung pengembangan kreativitas dan pembelajaran komunitas di wilayah tersebut.
Unduhan
Referensi
Agus Rumanto. (2006). Keefektifan Manajemen Pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sumber Kawruh Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. Tesis tidak diterbitkan. PPs-UNY
Abburukeng_AlwaysONg( 2014, October 7). Retrieved from Abburukeng_AlwaysONg:https://uranelowbet.blogspot. com/2014/10/sejarah-baju-bodo-wajutokko.html
Awal terciptanya baju bodo.blogspot. (2013, Desember 4). Retrieved from Awalter ciptanya baju bodo.blogspot: https:// awal terciptanya baju bodo.blogspot. com/2013/12/asal-usul-baju-bodo.htm
Buhai Simanjutak. (2003). PKBM Peluang dan Tantangan dalam Pembelajaran Masyarakat Visi Media Kajian Pendidikan LuarSekolah dan Pemuda. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
DEPDIKNAS (2007). Peraturan Menteri No. 14 Tahun 2007 tentang Standar Isi Program Paket. Jakarta: DEPDIKNAS.
DEDIKNAS (2010. Peraturan Pemerintah RI No. 17 Tahun 2010 Pasal 1 Ayat 33 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: DEPDIKNAS.
Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM) Indonesia (2010). Konsep dan Strategi Pengembangan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat(PKBM).Diakses http://www.scribd.com/doc/50757246/Konsep-dan-Strategi Pengembangan PKBM-FK-PKBM-Indonesia.
Hownesia.(2019,Maret30). Retrievedfrom Hownesia : https://hownesia.com/pakaian-adat-sulawesi-selatan/
Https://www.gramedia.com/literasi/kreativitas-adalahIndonesia kaya. (2019, Juli 7) Retrieved from indonesiaKaya:https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/ baju-bodo
Kaswan 2013. Pelatihan dan pengembangan untuk kinerja SDM.bandung. ALFABETA CV Moleong 2017-132 subjek penelitian dideskripsikan sebagai informan, yang artinya orang pada latar penelitian memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian.
Mustofa Kamil. (2009). Prinsip dasar yang menjadi acuan dalam mengembangkan dan menyusun program PKBM. Dalam Judul Buku, halaman 90. Penerbit: Penerbit Buku.
Menurut Miles dan Malik Huberman Halim.2011 merupakan salah satu langkah pada analisis data kualitatif yang dimana berupa pengambilan keputusan dan verifikasi
Reigeluth, C. M. (1999). Teori dan Model Desain Instruksional: Paradigma Baru
Teori Instruksional (Vol. 2). Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates.
Samsiah. (2009). Tekstil dan Busana Etnik Indonesia. Jakarta: LIPI Press.
Smith, P. L., & Ragan, T. J. (2005). Desain Instruksional. New York: Wiley. Sihombig, 2001:36. Pengertian warga belajar
Sudirman. (2011). Busana Tradisional Nusantara. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suiyono. (2005). Penelitian Kualitatif Adalah Penelitian yang Meneliti Kondisi Objek Alamiah Dimana Peneliti Merupakan Sebuah Kunci.
Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta
Sugiyanto, T. (2016). Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Swanson, R. A., & Holton, E. F. (2009). Dasar-Dasar Pengembangan Sumber
Daya Manusia. San Francisco: Berrett-Koehler Publishers.
Umberto Sihombing. (1999). Pendidikan Luar Sekolah Kini dan Masa Depan. Jakarta: PD Mahkota
Wulandari, T. (2015). Busana Tradisional Indonesia: Keindahan dan Kearifan Lokal.
Achmad, I. A., Akbar, F., Mawar, M., & Hasdiansyah, A. (2024). Pelatihan Pembuatan Gula Semut terhadap Kelompok Ibu-Ibu Rumah Tangga di Desa Arabika. Madaniya, 5(4), 1589-1594.
Achmad, I. A., Hasdiansyah, A., & Ashadi, A. (2024). INTERVENSI SENSITIF; PENDIDIKAN, PEMBERDAYAAN, DAN PANANGGULANGAN KEMISKINAN TERHADAP PENCEGAHAN STUNTING. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 11(1), 97-116.
Achmad, I. A., & Asmas, M. A. (2021). Minat Baca Masyarakat saat Pandemi Covid-19 di Taman Baca Masyarakat MIZAN. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 145-151.
Amalia, S. R., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Bimbingan Belajar CALISTUNG Oleh Mahasiswa Program MBKM Kampus Mengajar. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 2(2), 44-59.
Yusram, S., Achmad, I. A., & Hasdiansyah, A. (2024). Kontribusi Perseroan Terbatas Lonsum Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Komunal. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 3(1), 133-146.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.