Tinjauan Kurikulum di Lembaga Bimbingan Belajar Taruna Akademia Kupang

Penulis

  • Florianus Aloysius Nay Universitas San Pedro
  • Makarius Erwin Bria Universitas Nusa Cendana
  • Sefri Imanuel Fallo Universitas San Pedro
  • Rudobertus Talan Universitas San Pedro

DOI:

https://doi.org/10.56959/jesfa.v4i1.109

Kata Kunci:

Kurikulum, Bimbingan Belajar, Pendidikan Nonformal, Efektivitas Pembelajaran

Abstrak

Pendidikan nonformal memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, salah satunya melalui lembaga bimbingan belajar (bimbel). Implementasi kurikulum dalam bimbel menjadi faktor krusial dalam mendukung efektivitas pembelajaran dan pencapaian akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau kurikulum di Lembaga Bimbingan Belajar Taruna Akademia, mengidentifikasi keunggulan dan tantangan yang dihadapi, serta memberikan rekomendasi untuk peningkatan kualitas kurikulum. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen kurikulum. Subjek penelitian terdiri dari tutor, siswa, dan pihak manajemen bimbel yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dalam implementasi kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum di Taruna Akademia disusun dengan mengacu pada kurikulum nasional, namun memiliki fleksibilitas dalam penyesuaian materi sesuai dengan kebutuhan siswa. Metode pengajaran yang diterapkan bersifat interaktif, seperti diskusi, latihan soal, dan simulasi ujian, yang terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa tantangan, seperti keterbatasan sumber daya pembelajaran dan alokasi waktu yang kurang optimal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Achmad, I. A., Tanjung, H. S., & Nay, F. A. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Politik Sebagai Program Pendidikan Nonformal Study Kasus Di Partai Keadilan Sejahtera. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 1(1), 27-38.

Arifin, Z. (2019). Evaluasi Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.

Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Los Angeles: Sage Publications.

Crow, L. D., & Crow, A. (1963). Educational Psychology. New York: American Book Company.

Hasan, M. (2021). Inovasi dalam Pendidikan Nonformal: Konsep dan Implementasi Kurikulum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemendikbud. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Nay, F., Andiwatir, A., & Talan, R. (2022). Strategi Pengembangan Minat Belajar Peserta Lembaga Kursus dan Pelatihan Taruna Akademia Kupang. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 1(1), 39-51.

Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2018). Curriculum: Foundations, Principles, and Issues. Boston: Pearson.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice (4th ed.). Thousand Oaks: Sage Publications.

Permendikbud No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Prensky, M. (2010). Teaching Digital Natives: Partnering for Real Learning. Thousand Oaks: Corwin Press.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slavin, R. E. (2019). Educational Psychology: Theory and Practice. New York: Pearson.

Suparno, P. (2020). Strategi Pembelajaran Efektif di Lembaga Bimbingan Belajar. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-05-25

Cara Mengutip

Nay, F., Bria, M., Fallo, S., & Talan, R. (2025). Tinjauan Kurikulum di Lembaga Bimbingan Belajar Taruna Akademia Kupang. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.56959/jesfa.v4i1.109

Terbitan

Bagian

Artikel