Survey Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik di Universitas San Pedro Kupang

Penulis

  • Sefri Imanuel Fallo Program Studi Matematika FMIPA Universitas San Pedro
  • Florianus Aloysius Nay Program Studi Matematika FMIPA Universitas San Pedro
  • Alexius Andiwatir Program Studi Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas San Pedro

DOI:

https://doi.org/10.56959/jesfa.v1i1.30

Kata Kunci:

Kepuasan mahasiswa, Layanan Akademik

Abstrak

Tujuan dari penelitian adalah untuk melakukan evaluasi dan merencanakan tindak lanjut peningkatan mutu terhadap mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik survey dan pengolahan data dilakukan melalui statistik sederhana berupa presentase. Survey dilakukan terhadap 30 mahasiswa mewakili program studi matematika dan Pendidikan Luar biasa (PLB) yang terdiri atas 8 mahasiswa program studi matematika dan 22 mahasiswa program studi PLB. Teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil survey menunjukkan bahwa, pada aspek tangible masih terdapat 10% mahasiswa yang menyatakan kurang puas, aspek reliability masih terdapat 7% mahasiswa menyatakan kurang puas, dan pada aspek responsiveness terdapat 13% mahasiswa menyatakan kurang puas. Adapun indikator-indikator yang perlu ditingkatkan antara lain: Fasilitas ibadah yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa, Dosen mengembalikan hasil ujian/tugas dengan nilai yang obyektif, Universitas San Pedro memberikan bantuan pengobatan bagi mahasiswa yang sakit, Waktu dipergunakan secara efektif oleh dosen dalam proses pengajaran, Besarnya kontribusi biaya (sumbangan pengembangan lembaga) dibicarakan dengan orang tua wali mahasiswa, dan Universitas San Pedro berusaha memberikan respon positif setiap pengaduan mahasiswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Belipati, A. B., Nay, F. A., & Jenahut, K. S. (2021). Penerapan Metode Dempster-Shafer untuk Menganalisis Kepuasan Mahasiswa Universitas San Pedro. Ainet: Jurnal Informatika, 3(1), 21-30. https://doi.org/10.26618/ainet.v3i1.5028

Handayani, H. S. (2020). Penerapan Balanced Scorecard untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 6(3), 334-345. http://www.jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/375

Istiningtyas, L. (2018). Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Program Studi Psikologi Islam Fakultas Psikologi Uin Raden Fatah Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 125. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i2.1757

Nay, F. A., Nay, Y. A., Maure, O. P., & Talan, R. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika Dalam Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Nurhikmah, T., Fauzi, A., Putri, S. C. T., Asmarani, D., Damayanti, V., & Thalitha, R. F. (2022).

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Layanan Transportasi Online (Go-Jek): Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 646-656. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i6.946

Nuryatin, A., Ngatimin, N., Tania, R., Mulyati, S., & Wahidah, S. (2022, August). Student Satisfaction of Quality Academic and Non-Academic Services During Pandemic Covid-19. In Proceedings of the 2nd Universitas Kuningan International Conference on System, Engineering, and Technology, UNISET 2021, 2 December 2021, Kuningan, West Java, Indonesia.

Soleha, S., Suhartati, L., Martis, A., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Harga Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tahu Pada Konsumen Pabrik Tahu Soleha, Gunung Sindur, Bogor. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(2).

Susilawati, S. (2022). Manajemen Pendidikan Islam Anak Usia Dini Pada Rumah Tangga Karier. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 2(2), 300-311.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-02

Cara Mengutip

fallo, sefri, Nay, F. ., & Andiwatir, A. . (2022). Survey Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik di Universitas San Pedro Kupang. Journal of Education Sciences: Fondation &Amp; Application, 1(1), 100–111. https://doi.org/10.56959/jesfa.v1i1.30

Terbitan

Bagian

Artikel