Survey Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik di Universitas San Pedro Kupang
DOI:
https://doi.org/10.56959/jesfa.v1i1.30Kata Kunci:
Kepuasan mahasiswa, Layanan AkademikAbstrak
Tujuan dari penelitian adalah untuk melakukan evaluasi dan merencanakan tindak lanjut peningkatan mutu terhadap mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik survey dan pengolahan data dilakukan melalui statistik sederhana berupa presentase. Survey dilakukan terhadap 30 mahasiswa mewakili program studi matematika dan Pendidikan Luar biasa (PLB) yang terdiri atas 8 mahasiswa program studi matematika dan 22 mahasiswa program studi PLB. Teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil survey menunjukkan bahwa, pada aspek tangible masih terdapat 10% mahasiswa yang menyatakan kurang puas, aspek reliability masih terdapat 7% mahasiswa menyatakan kurang puas, dan pada aspek responsiveness terdapat 13% mahasiswa menyatakan kurang puas. Adapun indikator-indikator yang perlu ditingkatkan antara lain: Fasilitas ibadah yang dapat dipergunakan oleh mahasiswa, Dosen mengembalikan hasil ujian/tugas dengan nilai yang obyektif, Universitas San Pedro memberikan bantuan pengobatan bagi mahasiswa yang sakit, Waktu dipergunakan secara efektif oleh dosen dalam proses pengajaran, Besarnya kontribusi biaya (sumbangan pengembangan lembaga) dibicarakan dengan orang tua wali mahasiswa, dan Universitas San Pedro berusaha memberikan respon positif setiap pengaduan mahasiswa.
Unduhan
Referensi
Belipati, A. B., Nay, F. A., & Jenahut, K. S. (2021). Penerapan Metode Dempster-Shafer untuk Menganalisis Kepuasan Mahasiswa Universitas San Pedro. Ainet: Jurnal Informatika, 3(1), 21-30. https://doi.org/10.26618/ainet.v3i1.5028
Handayani, H. S. (2020). Penerapan Balanced Scorecard untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 6(3), 334-345. http://www.jurnal.stikesperintis.ac.id/index.php/PSKP/article/view/375
Istiningtyas, L. (2018). Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Program Studi Psikologi Islam Fakultas Psikologi Uin Raden Fatah Palembang. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 125. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i2.1757
Nay, F. A., Nay, Y. A., Maure, O. P., & Talan, R. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika Dalam Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Timur.
Nurhikmah, T., Fauzi, A., Putri, S. C. T., Asmarani, D., Damayanti, V., & Thalitha, R. F. (2022).
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Layanan Transportasi Online (Go-Jek): Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(6), 646-656. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i6.946
Nuryatin, A., Ngatimin, N., Tania, R., Mulyati, S., & Wahidah, S. (2022, August). Student Satisfaction of Quality Academic and Non-Academic Services During Pandemic Covid-19. In Proceedings of the 2nd Universitas Kuningan International Conference on System, Engineering, and Technology, UNISET 2021, 2 December 2021, Kuningan, West Java, Indonesia.
Soleha, S., Suhartati, L., Martis, A., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Harga Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Tahu Pada Konsumen Pabrik Tahu Soleha, Gunung Sindur, Bogor. HUMANIS (Humanities, Management and Science Proceedings), 2(2).
Susilawati, S. (2022). Manajemen Pendidikan Islam Anak Usia Dini Pada Rumah Tangga Karier. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 2(2), 300-311.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



