Pendampingan Penyusunan Rencana Strategis di Sekolah Luar Biasa Bakti Luhur Baumata
DOI:
https://doi.org/10.161985/jesfa.v2i2.72Kata Kunci:
pendampingan, rencana strategisAbstrak
Rencana Strategis merupakan langkah-langkah strategis yang dimiliki sekolah untuk mencapai visi dan mimpi yang dimiliki oleh suatu lembaga pendidikan. Analisis SOAR merupakan suatu pendekatan untuk melakukan perencanaan strategis yang berfokus pada kekuatan yang dapat digunakan untuk menunjang tercapainya target dan peluang yang dapat dijadikan kekuatan dalam jangka waktu panjang. SOAR merupakan singkatan dari strengths (kekuatan), opportunities (peluang), aspirations (aspirasi), dan results (hasil). Peserta sosialisasi adalah guru-guru dan staff kependidikan di SLB Bakti Luhur Baumata. Untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya, pelaksanan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam beberapa langkah yang melibatkan metode penelitian lapangan berupa: Identifikasi masalah yang dilakukan sebagai langkah awal untuk merumuskan hal-hal yang akan dijadikan bahan untuk perancangan Renstra dan materi sosialisasi dalam kegiatan pengabdian ini; Melakukan survei lapangan ke Sekolah SLB Bakti Luhur sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan. Kemudian melakukan proses wawancara dan diskusi dengan pihak guru-guru dan tenaga kependidikan untuk identifikasi permasalahan ada dalam menyusun Renstra; Penelitian pustaka untuk acuan materi yang digunakan selama kegiatan pengabdian ini; Pendampingan penyusunan Renstra. Pemanfaatan analisis SOAR sebagai pendukung proses penyusunan Renstra Sekolah guna peningkatan mutu dan manajemen sekolah, selama proses pendampingan berdasarkan pada hasil diskusi guru-guru sehingga memudahkan dalam melakukan penarikan kesimpulan. Luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah rencana strategi SLB Bakti Luhur Baumata.
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi, 2010, Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Direktur Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 2016, Neraca Pendidikan Daerah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2015, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Dr. Sopan Adrianto, S.E, M.Pd, M. M., 2020,Efektivitas Model Pembelajaran Koopeatif Tipe STAD Berbasis Keterampilan 4C Pada Diklat Penguatan Kepala Sekolah Angkatan 18 di BPSDM Provisi DKI Jakarta Tahun 2019, Disajikan dalam Orasi Ilmiah Calon Widyaiswara Ahli Utama. Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia, Jakarta, 16 April 2020.
Fuadi, Afnan, Analisis Strategi SOAR Balai Diklat Aparatur Kementerian Kelautan dan Perikanan Menuju Corporate University, Jurnal Widya Cipta (Online), Volume 4 No.2 edisi 2 September 2020 (https://ejournal.bsi.ac.id dikses 28 januari 2021).
Pemerintah Republik Indonesia, 2013, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Tavros, Jacqueline and Cole Matthew, 2013, SOAR Toward Positive Transformation and Change. Michigan: Lawrence Technologycal University.
Sugiyono, 2010, Metodologi Penelitian, Bandung: Alfabeta.
Hendra, A. D., Asworowati, R. D., & Ismawati, T., 2020, Strategi Pengembangan Pemasaran Menggunakan Analisis SOAR dan Matriks QSPM (Studi Kasus: Karamba Jaring Apung Ikan Nila). Akrab Juara, 5(1), 43–54, (http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919, diakses tanggal 10 Februari 2023).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Journal of Education Sciences: Fondation & Application

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.